13 Makanan Khas Iran yang Kaya Bumbu

Siti Nur Aeni
2 Juni 2022, 10:11
Pistachio salah satu makanan khas Iran
pixabay.com
Pistachio salah satu makanan khas Iran

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang berada di Asia Barat. Terlepas dari beragam polemik yang ada di negara ini, Iran ternyata memiliki makanan khas yang banyak diburu wisatawan. Sama halnya dengan makanan Timur Tengah lainnya, makanan khas Iran juga terkenal kaya bumbu dan rasanya yang nikmat.

Aroma makanan tersebut juga sukses membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Lalu, apa sajakah makanan khas Iran itu? Mengutip dari gotravelly.com, berikut daftarnya.

Daftar Makanan Khas Iran

1. Ash Reshteh

Ash reshteh merupakan sup khas dari Iran yang terbuat dari mie dengan beragam sayuran herbal dan kacang-kacangan. Makanan ini juga bisanya disajikan bersama daun mint dan bawang goreng. Makanan ini memberikan sensasi hangat sehingga cocok dinikmati saat musim dingin.

2. Jigar

Sekilas jigar mirip dengan sate yang merupakan makanan khas Indonesia. jigar merupakan kebab hati yang dipotong dan disajikan bersama bumbu khas Iran. Makanan ini memiliki tampilan yang menggugah serela dan rasanya juga nikmat karena bumbu yang diberikan saat pengolahannya. Makanan ini bisa dinikmati langsung atau dimakan bersama roti.

3. Fesenjan

Makanan khas Iran lainnya yang tak kalah nikmat yaitu fesenjan. Makanan ini diolah bersama kaldu kental yang terbuat dari sirup delima atau kenari. Walaupun ada juga yang membuat fesenjan dari kaldo unggas seperti bebek atau ayam. Rasa makanan ini cenderung manis dan biasanya disajikan bersama polo atau chelo yakni sejenis nasi putih khas Persia.

4. Khoresh

Salah satu ciri khas dari makanan Timur Tengah yaitu terbuat dari daging. Hal tersebut juga bisa dijumpai pada makanan dari Iran. Salah satu makanan khas Iran yang berbahan utama daging yaitu khoresh.

Khoresh merupakan sejenis semur daging yang mempunyai rasa khas Timur Tengah. Seperti olahan daging lainnya, makanan ini juga sangat cocok dinikmati bersama nasi.

5. Chelow Kabab

Chelow kabab merupakan nasi khaas Timur Tengah yang disajikan bersama daging panggang. Sama halnya dengan makanan khas Iran lainnya, chelow kabab juga sangat menggugah selera dengan paduan bumbu khas Timur Tengah. Saat Anda berkunjug ke Iran, Anda bisa dengan mudah menjumpai makanan lezat ini.

6. Polo

Makanan berat dari Iran lainnya yaitu polo. Makanan ini terbuat nasi putih yang disajikan secara terpisah atau dicampur bersama sayuran dan daging kaya rempah. Bumbu khas Timur Tengah yang khas membuat makanan ini sangat nikmat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement