Pahami Cara Menggosok Gigi yang Benar Agar Gigi Tetap Terawat

Siti Nur Aeni
23 Juni 2022, 07:45
Ilustrasi cara menggosok gigi yang benar
pixabay.com
Ilustrasi cara menggosok gigi yang benar

Cara menggosok gigi menjadi pengetahuan umum yang perlu diketahui semua orang. Pasalnya, kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika gigi dan mulut tidak bersih, maka tak menutup kemungkinan akan timbul beragam penyakit yang menganggu kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, kita perlu menggosok gigi dengan baik dan benar agar gigi bersih dan sehat. Lantas, bagaimana cara untuk menggosok gigi dengan baik dan benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Menurut penjelasan di alodokter.com, menggosok gigi dua kali sehari ternyata belum cukup. Anda masih harus membersihkan sela-sela gigi dan sudut mulut agar semua kotoran yang ada di mulut bersih. Adapun langkah-langkah menggosok gigi dan mulut yang baik dan benar sebagai berikut:

1. Membersihkan Gigi Geraham Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat gosok gigi yaitu dengan membersihkan gigi geraham terlebih dahulu. Gosok bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakak memutar. Langkah ini dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

Kemudian, gosok juga geraham bawah dari batas gusi sampai ujung gigi. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang masih menempel di gigi maupu sela-selanya. Gerakan ini juga dilakukan selama 20 detik.

Gerakan membersihkan geraham ini dilakukan pada seluruh bagian gigi geraham. Baik kanan, kiri, luar, maupun dalam.

2. Bersihkan Gigi Bagian Depan

Cara menggosok gigi yang baik dan benar selanjutnya yaitu dengan membersihkan gigi bagian depan. Anda bisa menggerakan sikat gigi secara melingkar dan perlahan ke semua permukaan.

Setelah itu, bersihkan juga gigi depan bagian dalam dengan gerakan vertikal. Ulangi langkah ini sebanyak 2-3 kali pada kedua sisi (luar dan dalam).

3. Sikat Bagian Pengunyah

Bagian pengunyah atau bagian atas geraham juga harus dibersihkan secara perlahan. Gigi bagian ini memuliki permukaan yang lebar dan sedikit cekung, sehingga memungkinkan makanan menempel di tempat tersebut. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan secara perlahan dengan gerakan memutar agar sisa makanan bisa terangkat sempurna.

4. Jangan Lupa Membesihkan Lidah dan Bagian dalam Pipi

Bagian lidah dan bagian dalam pipi juga penting untuk dibersihkan. Pasalnya, tudak menutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut menempel pada area tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement