Sederet Fungsi Mineral untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
12 Juli 2022, 13:45
Sederet Fungsi Mineral untuk Menunjang Kesehatan Tubuh
Unsplash/Anna Pelzer
Ilustrasi, makanan yang mengandung mineral

Fungsi mineral sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh. Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, mineral adalah zat organik yang dalam jumlah tertentu diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme yang diperoleh melalui makanan sehari-hari.

Penjelasan lain tentang definisi mineral juga terdapat dalam buku “Mineral: Fungsi dan Metabolisme”. Dalam buku tersebut, disebutkan bahwa mineral adalah unsur yang bentuknya sederhana. Mineral juga sering dimaknai sebagai nutrisi mikro yang berperan untuk membantu fungsi tubuh agar tetap berjalan optimal.

Fungsi Mineral untuk Tubuh

Mineral bisa diperoleh dari beberapa makanan mulai dari biji-bijian, daging, makanan laut, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Menurut penjelasan di buku “Mineral: Fungsi dan Metabolisme”, fungsi mineral sebagai berikut:

  1. Untuk membantu pembentukan struktur kerangkan tubuh atau farmasi struktur skeleton.
  2. Mempertahan kan tingkat koloidal cairan tubuh dan mengatur sifat fisik koloid, seperti tekanan osmotik, viskositas, dan difusi.
  3. Regulasi keseimbangan asam basa. Ion anorganik bisa mengatur keseimbangan asam basa untuk mempertahankan aktivitas organisme secara noraml.
  4. Menjadi komponen dari hormon.
  5. Bagian dari komponen atau aktivator enzim atau sebagai kofaktor.
  6. Menjaga keseimbangan cairan di dalam atau luar sel.
  7. Menjaga proses pembentukan energi dari makanan.
  8. Sebagai katalis untuk berbagai reaksi biokimia dalam tubuh
  9. Transmisi sinyal atau pesan dalam sel saraf.

Fungsi Mineral untuk Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil menjadi fokus utama saat masa kehamilan. Pasalnya, kesehatan ibu hamil sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Ketika ibu hamil sehat, maka bayinya pun akan ikut sehat.

Mineral menjadi salah satu zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Lantas, apa saja mineral yang diperlukan saat masa kehamilan? Mengutip dari klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kalsium

Jenis mineral pertama yang diperlukan ibu hamil yaitu kalsium. Manfaat kalsium bagi ibu hamil yaitu untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, menurunkan risiko hipertensi, dan preeklampsia.

Mineral ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen, makanan, atau minuman yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Setiap ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari. Adapun sumber kalsium yang mudah dijumpai antara lain; susu dan produk olahannya, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Zat Besi

Mineral lainnya yang juga penting untuk ibu hamil yaitu zat besi. Mineral ini berfungsi unutk menjaga peredaran darah ibu hamil dna bayinya. Hal ini diperlukan karena selama kehamilan persediaan darah dalam tubuh terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu dan janinnya. Maka dari itu, asupan zat besi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi darah.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa, kekurangan zat besi di trimester kedua bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Tak hanya itu, defisiensi zat besi juga bisa membuat bayi lahir dengan berat badan tidak normal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...