Mineral adalah Zat Gizi, Ini jenis-jenisnya yang Penting untuk Tubuh

Siti Nur Aeni
11 Juli 2022, 19:38
Mineral adalah Zat Gizi, Ini jenis-jenisnya yang Penting untuk Tubuh
pixabay.com
Susu sebagai salah satu sumber kalsium untuk tubuh

Mineral adalah salah satu zat gizi yang diperlukan tubuh. Kehadiran mineral dibutuhkan untuk menunjang metabolisme tubuh. Lantas, apa saja jenis mineral yang bisa dikonsumsi manusia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Mineral?

Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, mineral adalah zat organik yang dalam jumlah tertentu diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme yang diperoleh melalui makanan sehari-hari.

Sementara itu, dalam buku “Mineral: Fungsi dan Metabolisme”, diterangkan bahwa mineral adalah unsur yang bentuknya sederhana. Mineral juga sering dimaknai sebagai nutrisi mikro yang berperan untuk membantu fungsi tubuh agar tetap berjalan optimal.

Walaupun jumlahnya kecil, namun mineral sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh makhluk hidup. Oleh sebab itu, kebutuhan mineral harian harus tetap terpenuhi.

Kebutuhan mineral setiap individu mungkin berbeda-beda. Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019, berikut angka kecukupan mineral yang dianjurkan.

Angka kebutuhan mineral (1)
Angka kebutuhan mineral (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019)
Angka kebutuhan mineral (2)
Angka kebutuhan mineral (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019)
Angka kebutuhan mineral (3)
Angka kebutuhan mineral (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019)



Jenis-jenis Mineral

Secara umum, mineral terbagi menjadi dua jenis yaitu mineral makro dan mikro. Mengutip dari alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Mineral Makro

1. Fosfor

Fosfor adalah jenis mineral makro yang fungsinya sebagai komponen pembentuk enzim dan sel. Tak hanya itu, mineral yang satu ini juga berperan untuk memeliharakan kesehatan tulang dan membuat metabolisme berjalan optimal. Makanan yang tinggi fosfor, antara lain; daging ayam, ikan, dan sapi.

2. Kalsium

Jenis mineral makro lainnya yaitu kalsium. Mineral yang satu ini berperan dalam menjadi kepadatan tulang, pembekuan darah saat ada luka, mengakfikan enzim penting, hingga mencegah penyakit preeklampisia. Sumber kalsium yang mudah ditemukan, antara lain; susu, yoghurt, keju, dan makanan laut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...