Pemerintah Amerika Serikat memasukkan produk nikel Indonesia ke dalam daftar produk yang diproduksi dengan kerja paksa. Produk ini berpotensi dilarang masuk ke negara Paman Sam.
Pemerintah menilai investasi di sektor hulu industri nikel sudah jenuh, tetapi masih ada ruang potensi investasi di ekosistem baterai listrik sebesar US% 25 miliar.
OJK mencatat penyaluran pembiayaan kendaraan listrik per Agustus 2024 mencapai Rp 29,07 triliun atau sebesar 5,53 persen dari total piutang pembiayaan.
Indonesia menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) roda dua dan 2 juta kendaraan listrik roda empat mengaspal pada 2030.
JI4SIUM dibentuk untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong kemitraan dalam mempercepat transisi menuju mobilitas listrik di wilayah perkotaan melalui berbagai program.
Hyundai Motor menargetkan untuk menambah kapasitas produksi kendraan listrik sebanyak 1 juta unit, serta menjual 5,55 juta kendaraan secara global hingga 2030.
Perusahaan penyedia layanan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) asal Jepang, Terra Charge, menargetkan akan membangun 1000 SPKLU di Indonesia hingga 2025.
Infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk roda dua diproyeksikan mengalami peningkatan sekitar 50 persen dari rencana awal pasca hadirnya aturan stratifikasi tarif.