Ini Tipe Harley yang Diselundupkan Ari Askhara di Pesawat Baru Garuda

Ari Askhara diduga menyelundupkan motor klasik Harley melalui pesawat baru Garuda. Tipe motornya serupa dengan milik aktor Marlon Brando dan Elvis Presley.
Sorta Tobing
5 Desember 2019, 18:52
penyelundupan garuda, harley garuda, sepeda brompton, dirut garuda dipecat, ari askhara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Barang bukti pada konferensi pers terkait penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu berhasil mengungkap sepeda motor Harley-Davidson itu pesanan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara dari jabatan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Keputusan ini dibuat karena Ari diduga terlibat dalam penyelundupan motor gede Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui pesawat Airbus baru.

“Saya tentu akan memberhentikan Dirut Garuda. Tidak hanya sampai di situ saja, termasuk mengusut oknum lain yang terkait,” kata Erick dalam konferensi persi di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Motor gede alias moge Harley Davidson yang diselundupkan melalui pesawat baru A330-900 Neo yang tiba dari Prancis, Erick mengatakan, diduga merupakan milik Ari Askhara. Informasi tersebut diperolehnya dari hasil investigasi yang dilakukan komite audit dan komisaris maskapai berkode saham GIIA ini.

"AA memberikan instruksi untuk mencari motor klasik Harley Davidson tipe Shovelhead di tahun 2018. Lalu, ini motor 70-an, motor klasik, pembelian dilakukan pada April 2019," ucapnya.

Advertisement

Proses transfer uang dari Jakarta dilakukan ke rekening pribadi Finance Manager Garuda Indonesia yang ada di Amsterdam, Belanda. Dengan begitu, manajer berinisial IJ itu membantu mengurus proses pengiriman motor yang ditaksir berharga hingga Rp 800 juta itu ke Jakarta.

"Tapi akhirnya seperti hari ini," kata Erick seraya menunjukkan motor yang sudah disita oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai di hadapannya tersebut.

Ia sangat menyayangkan kasus dugaan penyelundupan ini dilakukan bukan hanya melibatkan satu individu, tetapi melibatkan banyak oknum dalam BUMN itu. Padahal, pihaknya tengah memperbaiki citra dan kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah.

(Baca: Erick Thohir Beberkan Cara Dirut Garuda Selundupkan Harley Davidson)

Motor Harley-Davidson Ari Askhara Tipe Apa?

Harley-Davidson tipe Shovelhead memang motor klasik. Produksi motor asal Amerika Serikat itu mulai dari 1966 hingga 1984, sebagai penerus mesin Panhead.

Ruang pembakaran Shovelhead lebih dangkal dengan katup dan piston lebih kuat. Mesin ini mendapat julukan shovelhead karena tampilannya mirip sekop penambang batu bara yang terbalik.

Nah, motor Harley-Davidson yang dibeli oleh Ari Askhara berwarna merah dengan seri Electra Glide Shovelhead. Pada 2015, produsen motor itu baru saja merayakan ulang tahun ke-50 kemunculan seri tersebut.

(Baca: Profil Ari Askhara, Dirut Garuda yang Dicopot Gara-gara Harley)

Mengutip dari situs Harley-Davidson.com, perubahan drastis dari seri ini dibandingkan sebelumnya adalah penambahan starter listrik. Karena itu, perusahaan menamakannya Electra Glide.

Motor ini cocok untuk touring karena memiliki fitur-fitur kenyamanan dan keamanan yang baik. Aktor lawas Hollywood, Marlon Brando, dan penyanyi Elvis Presley pada era 1970an pernah memilikinya.

Bahkan baru-baru ini, motor milik keduanya dilelang dalam kesempatan yang berbeda. Hasil lelang moge Marlon Brandon terkumpul US$ 220 ribu (Rp 3,08 miliar). Sementara, milik Elvis Presley sebesar US$ 800 ribu (Rp 11,2 miliar).

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait