Pertamina Buka Suara Soal Ekspor HSD dengan Harga Murah

Image title
5 Oktober 2020, 17:58
pertamina, ekspor hsd, bbm, high speed diesel
Donang Wahyu|KATADATA
Pertamina menjual 31,8 ribu kiloliter BBM jenis high speed diesel (HSD) ke Malaysia pada September 2020.

Langkah Pertamina mengekspor bahan bakar solar untuk mesin diesel kecepatan tinggi atau high speed diesel (HSD) mendapat sorotan dari berbagai pihak. Penyebabnya, perusahaan sempat menjual bahan bakar tersebut ke Malaysia dengan harga lebih murah ketimbang di dalam negeri.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Ignatius Tallulembang beralasan kebijakan tersebut diambil lantaran kondisinya sangat mendesak. Stok penyimpanan bahan bakar minyak atau BBM perusahaan sudah melampaui batas.

Ekspor terpaksa dilakukan untuk menghindari pemberhentian operasi kilang. "Itu yang menjadi alasan kenapa harus menjual produk solar ini ke luar negeri dan tentu harga jualnya sesuai harga pasar," kata dia dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR, Senin (5/10)

Selama pandemi Covid-19, kapasitas penyimpanan kilang Pertamina sudah mencapai batas minimum (turn down ratio) 75% karena rendahnya penyerapan domestik. Namun, Pertamina masih tetap harus memproduksikan HSD. Realisasi penjualan HSD ke luar negerinya ditetapkan hanya sebesar satu kargo. 

Pada bulan lalu, Pertamina melakukan pengapalan dan penyaluran perdana produk HSD 50 PPM Sulphur ke Negeri Jiran. Pengrimannya mencapai sejumlah 200 ribu barel atau setara dengan 31,8 ribu kiloliter melalui kapal MT Ridgebury Katherine Z. Nilai ekspor bahan bakar ini mencapai US$ 9,5 Juta (sekitar Rp 134 miliar).

General Manager Refinery Unit V Balikpapan Eko Sunarno mengatakan produk itu merupakan hasil dari fraksi diesel di Unit Secondary Kilang Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur. Kualitas sulufurnya 50 bagian per sejuta (ppm) atau setara dengan produk diesel berstandard Euro 4. HSD ini merupakan produk bahan bakar mesin diesel terbaru yang diproduksi Kilang RU V.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...