Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Masih Upayakan Pemadaman

Image title
29 Maret 2021, 07:56
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.

PT Pertamina masih terus mengupayakan pemadaman di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada tangki T-301G pada pukul 00.45 WIB semalam, Senin (29/3).

Corporate Secretary Sub holding Refining & Petrochemical (PT Kilang Pertamina International) Ifki Sukarya mengatakan saat ini tim keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSSE) masih terus bekerja untuk memadamkannya. 

Advertisement

Ia belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Namun, pada saat kejadian di lokasi kilang terjadi hujan deras disertai petir.

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown (kilang dimatikan) untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran. “Karena ini yang terbakar tangki jadi yang bisa kami lakukan upaya percepatan agar bisa mematikan apinya,” kata Ifki dalam wawancara dengan MetroTV pagi tadi.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di Gedung Olahraga (GOR) Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu. Perusahaan mengimbau agar warga sekitar tetap tenang dan menjauh dari lokasi kebakaran.

Ketika insiden terjadi, ada empat warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu. Pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian juga Pertamina lakukan, dibantu TNI.

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke masyarakat tidak terganggu dan masih berjalan normal. Sebagai informasi, Kilang Balongan memasok kebutuhan BBM untuk wilayah DKI Jakarta. “Pasokan ke Jakarta dan sekitarnya tetap terjaga. Pertamina memiliki pasokan tetap apabila kendala seperti ini terjadi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement