Insiden Balongan Berdampak Pada Penyaluran Gas Blok ONWJ

Image title
30 Maret 2021, 18:18
kilang balongan, blok onwj, skk migas, pertamina, kilang pertamina, migas
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Warga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.

Insiden terbakarnya tangki di Kilang Balongan telah berdampak pada penyaluran gas dari Blok ONWJ (Offshore North West Java). Sebanyak 10 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) gas untuk operasional kilang menjadi tersendat.

Pelaksana Tugas Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina. Dari koordinasi tersebut, penghentian pengaliran diperkirakan akan berlangsung selama satu minggu.

Advertisement

Dari mitigasi yang telah SKK Migas lakukan, dampak kebakaran tangki di Kilang Balongan tidak akan berdampak pada produksi minyak nasional. Hal ini lantaran hulu migas memiliki tangki yang cukup untuk menampung produksi. "Berdasarkan perkiraan awal, hulu migas tidak terganggu," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3).

Pertamina menyampaikan minyak yang biasanya diolah di Kilang Balongan akan dialihkan ke kilang lainnya, seperti Kilang Cilacap. Selama ini Kilang Balongan menerima minyak dari beberapa lapangan di Indonesia, antara lain dari Jatibarang (Pertamina EP), Cinta (Pertamina Hulu Energi ONWJ ), Duri dan Minas (Chevron Pacific Indonesia), serta Banyu Urip (Exxon Mobil Cepu Limited).

Seperti diketahui, tangki di kilang minyak atau Refinery Unit (RU) VI Balongan meledak dan terbakar pada pukul 00.45 WIB kemarin. Keberadaannya memiliki peran strategis dan vital dalam menjaga kestabilan pasokan BBM ke pusat bisnis. Terutama ke wilayah Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement