Oximeter, Alat Penting untuk Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Siti Nur Aeni
12 Juli 2021, 11:29
Alat Pulse Oximeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. WHO menyarankan penggunaan Pulse Oximeter bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah.
dokumentasi beurer
Alat Pulse Oximeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. WHO menyarankan penggunaan Pulse Oximeter bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah.

Oximeter akhir-akhir ini menjadi salah satu alat kesehatan yang banyak dicari. Alat ini biasanya menjadi benda wajib pasien Covid-19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri, selain vitamin dan obat-obatan lainnya.

Namun, masih banyak yang belum paham tentang fungsi alat ini. Bagi anda yang belum mengetahui tentang oximeter, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Oximeter?

Oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah melalui denyut nadi penggunanya. Untuk pasien Covid-19, kadar oksigen menjadi bagian yang harus dicek secara berkala. .

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah menganjurkan alat ini digunakan oleh pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri alias isoman. Untuk pasien yang mendapatkan perawatan di rumah sakit, ada petugas yang rutin mengecek kadar oksigen. Namun, pasien yang isoman harus melakukannya secara mandiri dengan menggunakan alat ini.

Selain untuk mengetahui kadar oksigen dalam tubuh, alat ini juga dapat digunakan untuk menilai apakah aktivitas fisik yang dilakukan  aman atau tidak terhadap masalah kadiovaskular atau pernapasan. Fungsi terakhir ini banyak digunakan ketika seseorang sedang berolahraga. 

Cara Pakai Oximeter

Oximeter umumnya memiliki bentuk seperti klip yang bisa dijepitkan pada jari tangan. Ukuran alat ini kecil dan bisa dibawa ke mana saja.

Ada sensor dalam alat ini yang memiliki fungsi untuk melakukan evaluasi terhadap jumlah hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin inilah zat dalam darah yang fungsinya untuk mengangkut oksigen dalam tubuh. Ketika  jumlah hemoglobin terdekteksi maka jumlah kadar oksigen dalam tubuh pun bisa diketahui.

Selain sensor, alat ini juga terdapat layar monitor yang ukurannya kecil. Layar inilah yang nantinya akan menunjukkan angka kadar oksigen dalam tubuh. Meskipun layarnya kecil, namun angka yang ditunjukkan masih bisa terbaca dengan jelas.

Berikut ini cara pakai Oximeter yang baik dan benar;

  1. Hal pertama sebelum menggunakan alat ini adalah cuci tangan terlebih dahulu dengan mengunakan sabun dan air mengalir.
  2. Pastikan juga kuku bersih, tidak terlalu panjang, dan tidak menggunakan cat kuku yang warnanya gelap atau menggunakan kuku palsu. Kuku panjang atau berwarna gelap akan menyulitkan alat untuk mendeteksi kadar oksigen yang ada di tubuh.
  3. Jika jari terasa dingin, Anda bisa menghangatkan terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya, Anda dapat langsung menyalakan oximeter dan memposisikan jari di antara capit alat tersebut. Jari yang biasanya digunakan saat menggunakan alat ini, yaitu  telunjuk, jari tengah, atau ibu jari.
  5. Pasang oximeter dengan benar kemudian tunggu beberapa detik sampai hasil pengukuran keluar. Oximeter normal tidak akan lama dalam menunjukkan hasil pengukurannya.
  6. Amati dan bila perlu catat hasil pengukuran tersebut.

Cara Membaca Hasil Oximeter

Oximeter nantinya akan mengeluarkan dua angka sebagai hasil pengukuran. Angka-angka tersebut memiliki arti yang berbeda. Pada angka yang bertanda %SpO2 merupakan angka kadar oksigen di dalam darah. Untuk angka yang bertanda HF atau heart rate merupakan nilai denyut nadi atau detak jantung yang terdeteksi.

Kadar oksigen normal ada di angka 95% atau lebih. Jika kurang dari 92%, maka bisa dikatakan  kekurangan oksigen atau hipoksemia. Pada kondisi tersebut segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...