Hujan Lebat Sebabkan Banjir di Beberapa Titik Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Muhammad Zaenuddin
5 Oktober 2022, 18:20

Foto: Banjir di Jakarta Akibat Hujan Lebat

Curah hujan tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir, Selasa (5/10). Ruas jalan banyak yang terputus, memicu kemacetan panjang hingga dini hari.

Wilayah yang terendam termasuk Kemang dan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kali Mampang tak mampu menampung curahan hujan deras sehingga merendam kawasan elite Ibu Kota tersebut. 

Terdapat 31 rukun tetangga (RT) dan enam ruas jalan yang kebanjiran. "Hanya 0,102% dari 30.470 RT di Jakarta," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis. Data ini diambil per pukul 18.00 WIB.

Titik banjir tersebar di tiga wilayah Ibu Kota, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Terpantau hingga pukul 23:00 WIB volume air yang menggenangi kawasan Kemang Timur masih pada ketinggian 40 sentimeter (cm). 

Saat ini, sejumlah upaya telah dilakukan BPBD DKI. Uapaya itu termasuk menyiagakan petugas untuk memantau seluruh genangan di setiap wilayah, mengoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat). Para petugas ini  melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.