United Tractors Akuisisi Tambang Nikel Stargate Rp 4,27 Trilliun

Patricia Yashinta Desy Abigail
7 Desember 2022, 11:34
United Tractors Akuisisi Tambang Nikel Stargate Rp 4,27 Trilliun
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. PT United Tractors Tbk (UNTR), melakukan ekspansi bisnis pertambangan nikel dengan mengakuisisi saham PT Stargate Mineral Asia (SMA) senilai Rp 4,27 triliun.

Emiten alat berat Grup Astra, PT United Tractors Tbk (UNTR) mengakuisisi saham perusahaan tambang nikel PT Stargate Mineral Asia (SMA) dengan nilai US$ 271,83 juta atau setara Rp 4,27 triliun pada 3 Desember 2022. Saham SMA diambil alih oleh anak usaha UNTR, yakni PT Danusa Tambang Nusantara (DTN).

Corporate Secretary UNTR Sara K. Loebis, mengatakan, tujuan transaksi tersebut untuk diversifikasi kegiatan usaha perseroan melalui anak usaha dengan mengembangkan usaha di sektor pertambangan, jasa, dan pengolahan mineral nikel.

"Transaksi ini tidak berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum, dan kondisi keuangan perseroan," kata Sara, dikutip Rabu (7/12).

Dalam keterangan resminya, PT Danusa Tambang Nusantara menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan PT Anugerah Surya Pacific dan PT Anugerah Surya Investama.

Adapun, pembelian saham sebanyak 89,99% dari total seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Stargate Pacific Resources milik dari Anugerah Surya Pacific Resources. Lalu 0,0009% dari total seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Surya Pacific Resources milik dari Anugerah Surya Investama.

Kemudian, perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Anugerah Surya pacific Resources dan Stargate Pacific Resources untuk rencana pembelian saham setara 89% dari total seluruh saham dalam Stargate Mineral Asia milik dari Anugerah Surya Pacific Resources.

Terakhir 1% dari total seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Stargate Pacific Resources milik dari Stargate Pacific Resources.

Setelah penandatanganan seluruh perjanjian jual beli saham beryarat, akan dilakukan pemenuhan persyaratan pendahuluan atau condition precedents pada empat bulan setelah penandatanagan perjanjian yang telah disepakati.

Sebelumnya, United Tractors juga memperbesar porsi kepemilikan sahamnya di perusahaan yang bergerak di bisnis energi baru terbarukan (EBT), PT Arkora Hydro Tbk (ARKO). Perseroan, melalui anak usahanya, PT Energia Prima Nusantara (EPN) menyepakati perjanjian jual beli saham bersyarat dengan ACEI Singapore Holding Private Ltd. (ACEI) pada Kamis, 4 Agustus 2022. 

Dalam perjanjian itu, Grup United Tractors membeli sebanyak 32.801.893 saham senilai yang setara Rp 176,55 miliar, atau 21,61% dari kepemilikan saham ACEI di Arkora Hydro.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait