Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 0,34% pada Desember 2019. Namun, angka itu berpeluang naik pada bulan ini karena ancaman kenaikan harga bahan pangan pada musim hujan.

Data Bank Indonesia, inflasi pada pekan kedua Januari 2020 telah naik menjadi 0,41% secara bulanan atau 2,81% secara tahunan. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan harga beras. "Namun sesuai pola musiman dan karena belakangan ini terjadi hujan, terdapat pula komoditas lainnya yang mengalami kenaikan harga," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (10/1) lalu.

Advertisement

(Baca: Cukai dan Harga Rokok Naik, Inflasi Tahun Ini Diprediksi Capai 3,3%)

Dia merinci, komoditas pangan selain beras mengalami kenaikan harga seperti cabai merah serta bawang merah. Kenaikan harga dua komoditas pangan ini dikarenakan tingginya curah hujan yang berakibat pada turunnya produksi di beberapa daerah, khususnya Jawa Tengah.

Kondisi ini juga terpantau di pasar-pasar tradisional. Di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, hari ini harga cabai rawit merah sudah mencapai Rp 80 ribu per kilogram, naik hampir 100% dari harga normalnya.

“Bukan ambil untung, dari ambil di tengkulaknya sudah naik. Itu pun harus dipilih lagi karena banyak yang busuk,” kata Suci, seorang pedagang, Senin (20/1).

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Bank Indonesia, harga beberapa jenis cabai di DKI Jakarta naik. Harga cabai merah besar naik dari Rp 45.000 per kilogram pada 2 Januari 2020, menjadi Rp 89.150 per kilogram.

(Baca: Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya)

Kemudian, harga cabai merah keriting naik dari Rp 46.650 menjadi Rp 66.650 per kilogram. Harga cabai rawit merah naik dari Rp 50.850 Rp 90.000 per kilogram.

Di satu sisi, cabai mudah membusuk jika terkena air. “Jangankan ada yang gagal panen, kalau kena air waktu diangkut pun cabai itu bisa busuk,” kata Kaharudin yang juga berjualan sayur.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria, Rizky Alika, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement