Tiga Pekan Larangan Ekspor CPO, Harga Minyak Goreng Curah Dekati HET

Pembelian minyak goreng curah kini tidak dibatasi dan tidak perlu menyertakan kartu tanda penduduk (KTP).
Image title
19 Mei 2022, 12:55
Pekerja mengisi minyak goreng curah ke dalam jeriken di depo minyak goreng PD Taman Cimanggu, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022). Kementerian Perdagangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersinergi dengan pelaku usaha minyak goreng meluncu
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.
Pekerja mengisi minyak goreng curah ke dalam jeriken di depo minyak goreng PD Taman Cimanggu, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022). Kementerian Perdagangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersinergi dengan pelaku usaha minyak goreng meluncurkan Program Minyak Goreng (Migor) Rakyat yang bertujuan agar penjualan minyak goreng curah dengan harga Rp14 ribu per liter tepat sasaran untuk masyarakat berpendapatan rendah.

Harga minyak goreng curah di Pasar Bendungan Hilir mulai mendekati harga eceran tertinggi (HET) yang diatur pemerintah. Selain itu, agen minyak goreng sudah tidak membatasi volume pembelian oleh pedagang pasar. 

Pemilik Toko Karim Suherman Usman mengatakan, dirinya membeli minyak goreng di sebuah agen Tanah Abang telah dengan harga Rp 15.500 per kilogram  (Kg). Suherman kemudian menjual kembali minyak goreng curah tersebut ke konsumen dengan harga Rp 17.000 - Rp 18.000 per Kg. Sementara HET di tingkat konsumen yang ditetapkan pemerintah adalah Rp 15.500 per Kg. 

"Saya baru buka dua hari, kemarin belanja sudah turun (harga minyak goreng curah)," kata Suherman kepada Katadata.co.id, Kamis (19/5). 

Suherman mengatakan, pembelian minyak goreng curah juga tidak dibatasi. Dia berhasil membeli minyak goreng curah sebanyak 1 ton per Rabu (18/5). Padahal pada 28 April 2022, dia hanya bisa membeli 150 Kg.

Advertisement

Pembelian minyak goreng curah pun kini tidak dilengkapi syarat lagi. Sebelumnya, pedagang pasar diwajibkan untuk menyertakan kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk membeli minyak goreng curah di agen minyak goreng. 

Meskipun membaik, Suherman belum membeli minyak goreng dengan volume normal. Sebelumnya dia bisa membeli minyak goreng curah sebanyak 3 ton untuk kebutuhan sepekan, saat ini hanya satu ton.

Suherman belum dapat meramalkan kapan bisa menjual minyak goreng curah sesuai dengan HET di tokonya. Namun demikian, Suherman menilai penjualan HET di tokonya dapat tercapai jika harga minyak goreng curah di agen minyak goreng mencapai Rp 12.000 per Kg. 

Di sisi lain, salah satu pedagang kecil di Pasar Bendungan Hilir, Alfan, masih menjual minyak goreng curah seharga Rp 20.000 per Kg. Alfan mengaku mendapatkan minyak goreng curah dari agen minyak goreng di Pasar Tanah Abang.

Alfan mengatakan pembelian minyak goreng curah di tokonya kini naik menjadi 10 jirigen. Adapun, satu unit jirigen dapat menampung 16 Kg minyak goreng curah. 

"Sebelumnya, paling dikasih 3-4 jirigen, paling banyak 5 jirigen," kata Alfan.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) mendata rata-rata harga minyak goreng curah di DKI Jakarta mencapai Rp 20.650 per Kg per 19 Mei 2022. Angka itu lebih tinggi dari rata-rata harga minyak goreng curah nasional di level Rp 19.100 per Kg.

Namun demikian, rata-rata harga minyak goreng curah di Ibu Kota tercatat turun 3,95% dari posisi 19 April 2022 senilai Rp 21.500 per Kg. Sementara itu, rata-rata harga minyak goreng curah nasional turun 4,02% dari level Rp 19.900. 

Pada hari ini, ada sembilan provinsi yang telah memiliki harta minyak goreng curah terendah, yakni DI Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara. Dua provinsi bahkan memiliki rata-rata harga minyak goreng curah di bawah HET, yakni Bengkulu (Rp 14.250 per Kg) dan Kalimantan Barat (Rp 15.250). 

Rata-rata harga minyak goreng curah termahal ada di dua provinsi yakni Papua dan Maluku. Papua terdata memiliki rata-rata harga minyak goreng curah paling tinggi hari ini atau senilai Rp 29.250 per Kg, sedangkan rata-rata harga minyak goreng curah di Kabupaten Merauke di level Rp 30.000 per Kg.

 Sementara itu, data Kementerian Perdagangan (Kemendag) menunjukkan harga minyak goreng curah masih sebesar Rp18.480 per liter pada Rabu (18/5/2022). Jika dihitung dalam sepekan belakangan, harga ini baru turun sekitar Rp250 selama periode 11-18 Mei 2022.

 

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait