Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi di DKI Jakarta Tembus Rp150 Ribu

Tia Dwitiani Komalasari
6 Juli 2022, 17:44
Pedagang memotong daging sapi pesanan pembeli di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (27/5/2022). Sejumlah pedagang mengaku Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia tidak berpengaruh pada penjua
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/rwa.
Pedagang memotong daging sapi pesanan pembeli di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (27/5/2022). Sejumlah pedagang mengaku Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia tidak berpengaruh pada penjualan.

Harga daging sapi dan sejumlah bahan pangan lainnya melonjak jelang Idul Adha. Khusus DKI Jakarta, harga daging sapi mencapai Rp 151.650 per kg.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang dikutip Rabu (6/7), rata-rata harga daging sapi kualitas I nasional mencapai Rp 137.950 per kg. Harga daging sapi di beberapa daerah tercatat menembus Rp 150.000 per kg yaitu Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Aceh, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kenaikan harga juga masih terjadi di kelompok cabai dan bawang merah. Rata-rata harga bawang Merah Ukuran Sedang Rp 62.750 per kg. Sementara rata-rata harga cabai merah keriting mencapai Rp 82.750 per kg, Cabai merah besar Rp 76.650 per kg, Cabai rawit merah Rp 97.250 per kg , dan Cabai rawit hijau Rp 74.550 per kg

 Kepala Badan Pangan Nasional / NFA (National Food Agency), Arief Prasetyo Adi, mengatakan bahwa pihaknya telah memfasilitasi distribusi bahan pangan dari wilayah surplus ke defisit sejak tiga pekan lalu. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga.

“Antisipasi lonjakan harga jelang hari Raya Idul Adha, NFA terus lakukan fasilitasi distribusi pangan beberapa komoditas pangan, seperti cabai, bawang, jagung, sapi,” kata Arief melalui siaran pers, Selasa (5/7).

Selain cabai, komoditas lainnya seperti bawang merah juga mendapatkan fasilitas distribusi. Diantaranya distrubsi 36 ton bawang merah ke beberapa wilayah diantaranya Palembang, Temanggung dan Bangka Belitung.

Begitupun jagung yang telah dilakukan fasilitasi distribusinya hingga 1.139 ton dari petani asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ke beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 Berikut daftar rata-rata harga pangan nasional, Rabu (6/7):

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...