Perusahaan Finlandia Bangun Pembangkit Listrik Dual Fuel Freeport

Muhamad Fajar Riyandanu
16 September 2022, 08:13
Rombongan Presiden Joko Widodo meninjau Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada Kamis (1/09/2022).
Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev
Rombongan Presiden Joko Widodo meninjau Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada Kamis (1/09/2022).

Perusahaan penyedia teknologi energi asal Finlandia, Wartsila, sedang membangun pembangkit listrik yang mengadopsi dua jenis bahan bakar yang berbeda atau dual fuel berkapasitas 128 Mega Watt (MW) di PT Freeport Indonesia. Mesin ini dijadwalkan menjalani tahap pengujian pada akhir 2022.

Direktur Penjualan Bisnis Energi Wartsila Indonesia, Febron Siregar, mengatakan proyek ini sudah berjalan sejak dua tahun lalu usai mereka menandatangani kerja sama dengan PT Freeport. Febron menjelaskan, pembangkit listrik berbahan bakar ganda ini akan menggunakan gas cair dan bahan bakar diesel.

“Saat ini masih masa konstruksi dan diharapkan akhir tahun ini bisa commissioning,” kata Febron dalam Konferensi Pers di Grand Melia Jakarta pada Kamis (15/9).

Pembangkit listrik berbahan bakar ganda ini bakal difungsikan untuk mendukung operasional tambang bawah tanah PT Freeport. Tambang bawah tanah dinilai membutuhkan pasokan listrik lebih besar untuk penerangan dan menggerakan lift.

"Freeport ini awalnya pertambangan terbuka di permukaan, tapi rupanya cadangannya mulai menipis. Jadi mereka sekarang jadi pertambangan bawah tanah," ujar Febron.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...