Gelombang PHK Ancam Ekonomi RI, Ini Sektor yang Paling Terdampak

Tia Dwitiani Komalasari
28 Oktober 2022, 23:20
Sejumlah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendirikan tenda dan bermalam sebagai bentuk protes di depan kantornya, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/7/2020).
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/nz
Sejumlah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendirikan tenda dan bermalam sebagai bentuk protes di depan kantornya, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/7/2020).

Ketidakpastian dan instabilitas perekonomian global telah berdampak pada industri di tengah pemulihan bisnis. Hingga saat ini, gelombang pemutusan hubungan kerja atau PHK masih mengancam perekonomian.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri atau Kadin, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa gelombang PHK pada startup secara global telah terjadi pada 2022. Saat ini, gelombang PHK terutama sektor padat karya masih terus mengancam perekonomian.

Dia mengatakan, tingginya inflasi di beberapa negara, terutama negara mitra strategis perdagangan Indonesia menyebabkan menurunnya permintaan secara signifikan.

"Hal tersebut memberikan sinyal negatif pada dunia usaha, terutama sektor padat karya yang berorientasi ekspor, seperti industri
alas kaki hingga garmen," kata Arsjid kepada Katadata.co.id, Jumat (28/10).

Data dari asosiasi menyebutkan bahwa permintaan untuk komoditas ekspor industri alas kaki atau sepatu menurun hingga 50%. Sementara permintaan ekspor industri garmen turun hingga 30%.

Disisi lain, Arsjid mengatakan, depresiasi mata uang yang terjadi di Indonesia meningkatkan biaya produksi dan membebani perusahaan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, 77,8% impor Indonesia berupa bahan baku atau penolong yang sangat sensitif terhadap perubahan nilai tukar rupiah. Kendala rantai pasok global imbas dari konflik geopolitik Rusia dan Ukraina yang belum selesai juga memberikan tekanan pada ongkos produksi.

PHK keputusan terakhir

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan, Adi Mahfudz, mengatakan tidak semua sektor industri melakukan PHK. Sektor yang saat ini melakukan PHK biasanya adalah usaha padat karya yang berorientasi ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...