Permintaan Lesu, PMI Manufaktur Indonesia Turun 51,8 pada Oktober

Nadya Zahira
1 November 2022, 16:07
Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021). WIMA menargetkan penjualan sepeda motor listrik dengan 85 persen komponennya produksi dalam negeri dan bar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021). WIMA menargetkan penjualan sepeda motor listrik dengan 85 persen komponennya produksi dalam negeri dan baru saja diekspor ke Senegal tersebut sebanyak tujuh ribu unit hingga akhir 2021.

Ekspansi sektor manufaktur Indonesia melambat pada Oktober 2022. Hal itu dipengaruhi oleh melambatnya permintaan maupun produksi sehingga perusahaan manufaktur mengurangi aktivitas perekrutan dan pembelian mereka.

Berdasarkan survei yang dikeluarkan IHS Markit, Purchasing Managers’ Index™ (PMI™) Manufaktur Indonesia dari S&P Global tercatat di posisi 51,8 pada Oktober 2022. Indeks tersebut turun dari 53,7 pada September.

Namun demikian, PMI manufaktur Indonesia tercatat masih berada di atas 50 selama 14 bulan berturut-turut. Indeks di atas 50 menunjukkan bahwa manufaktur di Indonesia masih melakukan ekspansi.

Pengusaha manufaktur khawatir dampak inflasi

Menanggapi hasil survei terkini, Jingyi Pan, Economics Associate Director S&P Global Market Intelligence, mengatakan bahwa data tersebut konsisten dengan penguatan kondisi kesehatan sektor manufaktur Indonesia sejak Januari. Kondisi permintaan yang lebih baik membantu mendorong kenaikan tajam pada permintaan hampir selama satu tahun.

Perbaikan kondisi permintaan ini mengarah pada kenaikan produksi yang lebih kuat, ketenagakerjaan dan aktivitas pembelian selama September. Dia mengatakan, berita menggembirakan lain terkait data September adalah tekanan inflasi yang terus berkurang. Inflasi biaya input dan harga jual berkurang masing-masing hingga di posisi terendah dalam 20 bulan dan 15 bulan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...