Hotel di Bali Penuh Jelang KTT G20

Nadya Zahira
4 November 2022, 10:36
Pekerja menunjukkan jam tangan yang terbuat dari kayu untuk souvenir G20 karya Pala Nusantara di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/11/2022). Pala Nusantara menjadi salah satu umkm yang dipilih oleh pemerintah untuk memproduksi souvenir resmi G20 setelah berh
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Pekerja menunjukkan jam tangan yang terbuat dari kayu untuk souvenir G20 karya Pala Nusantara di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/11/2022). Pala Nusantara menjadi salah satu umkm yang dipilih oleh pemerintah untuk memproduksi souvenir resmi G20 setelah berhasil lolos kurasi Smesco bersama 17 UMKM lainnya se-Indonesia.

Okupansi hotel melonjak jelang penyelenggaraan KTT G20. Khusus di Kabupaten Badung, hotel-hotel penuh sehingga tidak ada kamar kosong.

"Saya kira sudah tidak ada kamar kosong di area ITDC, Tanjung Benoa, Jimbaran penuh, saya sendiri membantu teman-teman kementerian mencarikan kamar. Di Sanur keterisian kamar rata-rata 60-70 persen, di luar itu seperti Ubud, Karangasem 60-65 persen," kata Ketua Bali Tourism Board Ida Bagus Agung Partha Adnyana di Kabupaten Badung, Jumat (4/11)

Ida BAgus Agung megatakan, keterisian hotel terlihat sejak Oktober 2022 dimana para wisatawan yang datang ke Pulau Dewata dan menginap di kawasan Nusa Dua berpindah lokasi karena hotel-hotel digunakan untuk kegiatan G20.

"Wisatawan yang tadinya menginap di Nusa Dua, tapi karena ada KTT G20 dari satu bulan lalu sudah pindah ke Sanur, Kuta, dan Jimbaran," ujarnya.

Meskipun okupansi hotel tinggi, tetapi Bagus Agung memastikan Bali masih memiliki ketersediaan kamar sekitar 60 ribu hingga 70 ribu dengan harga yang mengikuti permintaan dan ditentukan oleh pemilik hotel.

Serap tenaga kerja yang dirumahkan

Staf Ahli Bidang Pemanfaatan Sumber Daya kemaritiman Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida,  mengatakan bahwa okupansi hotel di Bali melonjak dari hanya 20% menjadi 70% sejak rangkaian kegiatan G20 berlangsung. 

"Serapan tenaga kerja di sektor pariwisata, khususnya hotel, sudah mencapai sekitar 80% terhadap para pekerja yang saat masa pandemi dirumahkan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...