Marak PHK Industri Tekstil, Bahlil: Investasinya Menurun

Tia Dwitiani Komalasari
15 November 2022, 10:00
Pekerja menyelesaikan pembuatan sarung di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (9/11/2020).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pekerja menyelesaikan pembuatan sarung di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (9/11/2020).

Industri tekstil mengalami badai permintaan hubungan kerja atau PHK akibat menurunnya permintaan ekspor. Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa investasi di sektor industri tekstil saat ini memang terjadi penurunan.

"Terjadi penurunan investasi tekstil, tapi masih dalam tahap toleransi," ujar Bahlil di Nusa Dua, Kabupaten Bandung, Bali, Senin (14/11).

Bahlil mengatakan, maraknya PHK pabrik tekstil di sejumlah tempat bisa juga disebabkan karena relokasi ke provinsi lain yang memiliki upah kerja lebih murah. Pasalnya, Kementerian Investasi saat ini juga menerima pembukaan pabrik tekstil baru di sejumlah provinsi.

"PHK padat karya saya lagi bingung. Ada beberapa yang pabriknya ditutup di Jabar, tapi perusahaan yang sama izin buka pabrik di Jateng, " ujarnya.

Dia mengatakan, sektor padat karya merupakan industri dengan biaya operasi yang tinggi. Kondisi itu menyebabkan industri beradaptasi untuk mencari wilayah lain dengan upah tenaga keja murah untuk menekan biaya produksi.

Penurun ekspor

Sementara itu Wakil Ketua Kamar Dagang Industri Bidang Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang, mengatakan bahwa pemutusan hubungan kerja marak terjadi meskipun ekonomi RI sedang tumbuh di atas 5%. Menurut Sarman, hal itu disebabkan karena penurunan permintaan ekspor dari sektor padat karya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...