Pendaftaran Mudik Gratis 2023 Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Caranya

Nadya Zahira
13 Maret 2023, 10:58
Pemudik antre menaiki bus dalam mudik gratis yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 ja
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.
Pemudik antre menaiki bus dalam mudik gratis yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 jatuh pada 29 dan 30 April 2022.

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengumumkan pendaftaran mudik gratis angkutan darat bus sudah dapat diakses mulai hari ini Senin, (13/3).  Mudik gratis tersebut bisa membawa sepeda motor.

"Ayo mudik naik bus, bisa bawa serta sepeda motor anda. Pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan mulai tanggal 13 Maret 2023 pukul 14.00 WIB," tulis keterangan Ditjen Darat Kemenhub melalui instagram @ditjen_hubdat yang dikutip Senin, (13/2).

Advertisement

Dalam postingan tersebut, Ditjen Darat Kemenhub juga menjelaskan bahwa masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis naik bus  harus melakukan update aplikasi MitraDarat ke versi 1.0.4 untuk Android, dan 1.02 untuk IOS. Hal ini dilakukan guna mempermudah pendaftaran mudik gratis tersebut.

Sementara itu, terdapat 28 kota tujuan mudik gratis Kemenhub pada 2023 ini. Pertama, di Jawa Barat ada Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. 

Kedua, di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Kemudian yang ketiga, untuk daerah Jawa Timur terdapat Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Keempat, tujuan Sumatra ada Lampung dan Palembang.

Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Kemenhub Lewat Aplikasi MitraDarat:

1.Unduh aplikasi MitraDarat di playstore ataupun Appstore.

2. Kemudian, buat akun di aplikasi MitraDarat tersebut, dan dalam satu akun bisa untuk mendaftarkan empat orang penumpang mudik gratis.

3. Isi data diri yang diperlukan dengan lengkap untuk mendaftar. Setelah selesai, akan ada barcode yang diberikan.

4. Barcode ditunjukkan kepada petugas di posko validasi ulang yang sudah ditentukan untuk mendapatkan tiket fisik mudik gratis.

Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis Kemenhub 2023:

1.Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, baik KTP, SIM, atau Kartu Keluarga atau KK Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement