Lebaran 2019, Indosat Ooredoo Sukses Layani Pelanggan

Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan traffic atau lalu lintas data tertinggi pada H-3 Lebaran dibandingkan 2018 sebesar 68,53 persen.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
12 Juni 2019, 10:28
indosat
Katadata

Jakarta, 11 Juni 2019 – Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan traffic atau lalu lintas data tertinggi pada H-3 Lebaran sebesar 40,88 persen. Angka tersebut dibandingkan lalu lintas data reguler pada hari biasa atau sekitar 8.997 terabyte. Jika dibandingkan dengan H-3 Lebaran 2018, peningkatan lalu lintas data sebesar 68,53 persen. Peningkatan lalu lintas data terutama disebabkan tingginya penggunaan aplikasi sosial media seperti Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram dan mobile gaming seperti Mobile Legend dan Free Fire. Penggunaan lalu lintas data tertinggi terjadi di area Jawa Tengah.

Seiring dengan tren digital, traffic voice selama masa Lebaran mengalami penurunan sekitar 13 persen, namun lalu lintas SMS meningkat sekitar 5 persen selama H-7 sampai H 5 Lebaran 2019 dibandingkan dengan hari biasa. Keberhasilan pengiriman SMS, baik sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun antar operator mencapai lebih dari 91 persen. Artinya tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS, walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.

Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa mudik dan perayaan Lebaran 2019. Selain itu, Indosat Ooredoo juga memantau secara intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan memantau kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC). Indosat Ooredoo juga mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan serentak di lima kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia.  Masing-masing Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Makassar-Sulawesi Selatan pada 25 April 2019. Uji  jaringan dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran, di antaranya di alun-alun kota Malang, De Tjolomadu Solo, Jembatan Siti Nurbaya Padang, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, dan pantai Losari Makassar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait