Belum dapat Tawaran Menteri, Moeldoko Ingin Liburan ke Kampung Halaman

KSP yang dipimpin Moeldoko akan bubar pada 19 Oktober 2019.
Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 Oktober 2019, 14:58
Moeldoko, tawaran menteri, kabinet Jokowi-Ma'ruf, KSP
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan belum mendapat tawaran menteri dari Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan hingga kini dia belum mendapatkan tawaran menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Moeldoko merupakan salah satu kandidat menteri yang disebut-sebut bakal kembali menjabat di periode kedua pemerintahan Jokowi.

"Saya belum dipanggil untuk soal-soal itu (tawaran menteri), pertanyaannya sensitif nih, tanya yang lain lah," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Jumat (18/10).

(Baca: Tenggat Tiga Bulan, Jokowi Tagih Kasus Novel Baswedan ke Kapolri)

Moeldoko menyatakan bila dirinya tak kembali menjadi menteri dia akan berlibur panjang ke kampung halamannya.  "Saya mau liburan, pulang kampung," kata Moeldoko.

KSP yang dipimpin Moeldoko akan bubar pada 19 Oktober 2019. KSP dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2015 tentang Kantor Staf Presiden. Dalam Pasal 16 disebutkan, masa jabatan Kepala Staf Kepresidenan paling lama sama dengan masa bakti Presiden.

Moeldoko menyatakan selama menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan sejak 17 Januari 2019 tersebut memberikan pelajaran baru bagi dirinya selaku prajurit. "Ini memperkaya saya dan saya betul-betul merasakan pekerjaan di KSP memberikan warna baru," ujar Moeldoko.

(Baca: Hari Terakhir Kerja, Para Menteri Perpisahan dengan Jokowi dan Media)

Mantan panglima TNI tersebut menyatakan pada masa awal menjadi kepala staf kepresidenan, ia sempat kagok menghadapi wartawan yang menanyakan begitu banyak hal.

"Seolah-olah saya yang baru seminggu di sini sudah menguasai semua hal, saya jujur seperti loncat ke kolam renang tapi tidak bisa renang," kata Moeldoko.

Moeldoko menegaskan bahwa untuk memahami persoalan negara dari sudut pandang KSP kompleksitasnya luar biasa."Tapi alhamdulilah berkat pertanyaan wartawan hal itu juga membuat saya belajar membuat, saya memahami pertanyaan-pertanyaan," katanya.

(Baca: Banyak Bocoran Nama Menteri, Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung)

Sedangkan dari Presiden Jokowi, Moeldoko belajar bagaimana pendekatan kepada masyarakat. Moeldoko menyebut salah satu pengalaman yang berkesan saat umrah dengan Presiden Jokowi pada April 2019 lalu.

"Saya tidak membayangkan saya bisa bercanda-canda dengan Pak Jokowi dalam pekerjaan dan selama di sana rambut saya digunting itu kejutan luar biasa bagi saya yang terindah sepanjang saya bekerja di sini," kata Moeldoko.

(Baca: Usai Kunjungi Istana, Erick Thohir Sebut Cocok Jabat di KSP atau KEIN)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto, Antara
Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait