Perusahaan Turki Ikut Lelang Tol Probolinggo-Banyuwangi

Ameidyo Daud Nasution
29 September 2017, 16:13
Gerbang Tol Brebes Timur
Katadata
Gerbang di jalan tol Brebes Timur-Pemalang ketika dalam tahap pembangunan di Desa Lembarawa, Brebes, Jawa Tengah, Senin (22/5) . ANTARA FOTO/Oky Lumkansyah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut saat ini ada dua pihak yang mengikuti lelang proyek jalan tol Probolinggo - Banyuwangi. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna mengatakan peminat tol sepanjang 171 kilometer tersebut adalah konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan asal Turki.

"Selain konsorsium BUMN, ada perusahaan asal Turki," kata Herry kepada wartawan, Jumat (29/9). (Baca: Jokowi Minta Jepang Ikut Danai Proyek Tol Trans Sumatera)

Konsorsium BUMN yang menyatakan minat mengikuti lelang jalan tol Probolinggo - Banyuwangi adalah PT. Jasa Marga, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, serta PT. Brantas Abipraya (Persero).

Herry juga mengatakan ada dua ruas lainnya yang siap dilelang yakni ruas tol Jakarta - Cikampek Selatan serta ruas tol Serang Panimbang dengan pembayaran secara berkala (availability payment) oleh Pemerintah. Dia menargetkan akhir tahun ini paling tidak Probolinggo - Banyuwangi serta Jakarta - Cikampek Selatan akan masuk Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

"Kalau bisa terkejarlah (akhir tahun PPJT)," katanya. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...