Lebih Tinggi dari Angka Dunia, Tingkat Kematian Akibat Corona RI 4,7%

Dimas Jarot Bayu
3 Agustus 2020, 16:23
corona, covid-19, angka kematian
ANTARA FOTO/Maulana Surya/wsj.
Pekerja membersihkan jalan yang terdapat mural berisi pesan Waspada Penyebaran Virus Corona di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Solo, Jawa Tengah, Senin (3/8/2020).

Tingkat kematian akibat virus corona di Indonesia semakin menurun setiap bulannya. Meski begitu, angkanya masih di atas rata-rata tingkat kematian akibat Covid-19 di dunia sebesar 3,9%.

Pada bulan pertama masuknya virus corona yakni Maret 2020, tingkat kematian akibat corona di Indonesia pernah mencapai 9,34%.
Persentase tersebut menurun menjadi 8,64% pada April 2020, kemudian turun menjadi 6,68% pada Juni 2020.

“Sampai terakhir di bulan Juli dan per tanggal 2 Agustus turun menjadi 4,7%,” kata anggota Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung BNPB, Senin (3/8).

Dewi menilai pemerintah masih memiliki tugas untuk menurunkan angka kematian akibat corona.  “Kita harus tetap menurunkan angka kematian serendah-rendahnya dan angka kesembuhan harus kita tingkatkan,” kata Dewi.

Adapun, Dewi menyebut pasien yang paling banyak meninggal akibat corona berusia di atas 60 tahun. Dia mencatat ada 1.969 pasien dengan usia di atas 60 tahun yang meninggal dunia akibat corona.

Angka itu sebanyak 16% dari total pasien terinfeksi corona dengan usia di atas 60 tahun. “Jadi misalnya ada 100 orang terinfeksi Covid-19 dan usianya di atas 60 tahun, 16 orang di antara mereka ini meninggal,” kata Dewi.

Pasien dengan rentang usia 46-59 tahun juga rentang meninggal dunia akibat corona. Ada 1.962 pasien dengan rentang usia 46-59 tahun yang meninggal akibat virus tersebut.

Angka itu sebanyak 7,64% dari total pasien terinfeksi corona dengan rentang usia 46-59 tahun. “Jadi memang kita harus hati-hati terhadap kelompok rentan ini,” kata Dewi.

Selain itu, Dewi menyebut orang yang rentan meninggal dunia akibat corona adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Orang dengan kondisi penyakit penyerta atau komorbid juga rentan meninggal dunia akibat corona.

Kemudian, orang yang memiliki berat badan cukup tinggi juga rentan meninggal dunia akibat corona. “Terakhir kelompok ibu hamil rentan meninggal dunia akibat corona,” kata dia.

Hingga hari ini jumlah kasus corona dunia mencapai 18,2 juta orang dengan jumlah kematian mencapai 693 ribu orang. Adapun yang telah pulih dari Covid-19 mencapai 11,4 juta jiwa.

Berdasarkan data John Hopkins University, negara dengan angka rata-rata kematian tertinggi yakni Inggris mencapai 15%. Posisi Indonesia berada di urutan kelima dunia setelah Mexico, Ekuador, Iran dan Mesir.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...