Bangga Buatan Indonesia, 72 E-commerce Tawarkan Subsidi Ongkir & Promo

Mendag memperkirakan transaksi yang akan dicetak pada Hari Bangga Buatan Indonesia tahun ini akan melebihi pencapaian 2020 yang sebesar Rp 11,5 triliun.
Image title
5 Mei 2021, 21:03
Bangga Buatan indonesia, hari bbi, subsidi ongkir
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas membawa barang pesanan konsumen di Warehouse JD ID, Marunda, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/12/2020).

Pemerintah menetapkan Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) mulai 5 Mei hingga 13 Mei 2021. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan sebanyak 72 lokapasar atau e-commerce terlibat dalam program BBI yang bertujuan mendongkrak konsumsi dalam negeri.

E-commerce tersebut akan memberikan gratis ongkir kepada konsumen maksimal Rp 20 ribu. “Di halaman utama akan ada info produk barang Indonesia untuk diberi gratis ongkir agar memacu pertumbuhan ekonomi,” kata Lutfi dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/5).

Adapun pemerintah ikut berkontribusi dalam rangkaian acara ini dengan menyebarluaskan gerakan nasional ini. Tujuannya untuk memastikan semua orang mengetahui program belanja online dengan pemberian subsidi gratis.

Lutfi memperkirakan transaksi yang akan dicetak pada Hari BBI 2021 akan melebihi pencapaian program yang sama pada 2020 yang memperoleh Rp 11,5 triliun. Pada tahun lalu rangkaian acara hanya dua hari, sedangkan pada tahun ini berlangsung selama sembilan hari.

Pada tahun lalu, konsumen paling banyak belanja  produk fashion dan pakaian olahraga selama hari belanja online nasional. Berikut grafik Databoks:

 

 

Berikut beberapa e-commerce yang menawarkan diskon pada hari BBI 2021:

1. Tokopedia

Tokopedia menghadirkan program “Harinya belanja lokal, harga nyaman kualitas sultan”. Melalui program ini Tokopedia memberikan diskon hingga 90% dan gratis ongkir dengan GoSend hingga Rp 20 ribu. Promo ini dapat digunakan untuk belanja produk lokal dari berbagai kategori seperti: makanan & minuman, perawatan tubuh, kecantikan, kebutuhan rumah tangga.

2. Lazada

Lazada menyemarakkan Hari Bangga Buatan Indonesia dengan program Lazada 5.5 Ramadan Sale dari tanggal 5-7 Mei 2021. Melalui program tersebut, Lazada memberikan diskon hingga 65% khusus untuk pembelian produk lokal, mulai dari fesyen, produk kecantikan, sampai kebutuhan rumah.

3. Blibli

Blibli meluncurkan microsite Hari BBI pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021. Microsite tersebut menghadirkan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik. Blibli pun akan berkolaborasi dengan lebih dari 350 brand lokal ternama untuk menghadirkan kurasi produk pilihan seperti kuliner, kriya, kecantikan & kesehatan, fashion lokal & Muslim, hampers Lebaran, dan elektronik. Selain itu, Blibli menyediakan program diskon hingga 40% dan cashback 15%. Selain itu, Blibli juga menyediakan program gratis ongkir untuk pengiriman produk-produk lokal

4. Shopee

E-commerce ini juga turut menggelar program Hari Bangga Buatan Indonesia, dengan tema #ShopeePilihLokal. Shopee menyediakan diskon khusus produk lokal hingga 80%, voucher ekstra diskon 55%, cashback hingga Rp 100 ribu, serta gratis ongkir.

5. JD.ID

JD.ID menawarkan diskon hingga 20% dan gratis ongkir khusus untuk konsumen yang berbelanja produk lokal.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait