Startup Bentuk Gerakan OxygenID untuk Galang Donasi Oksigen Covid-19

Gerakan OxygenID menargetkan pengumpulan bantuan hingga US$ 10 juta atau sekitar Rp 145 miliar untuk penyediaan konsentrator oksigen di rumah sakit yang menangani Covid-19.
Yuliawati
23 Juli 2021, 16:54
OxygenID, Donasi, Oksigen, Covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Dua buah tabung oksigen diletakkan di dalam mobil usai di isi ulang di salah satu gerai isi ulang oksigen medis di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021).

Para penggerak startup, perusahaan, investor, dan individu bergabung dalam gerakan "Oxygen for Indonesia" atau OxygenID. Gerakan ini bertujuan menggalang donasi untuk membantu menyediakan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia.

Salah satu pihak yang tergabung dalam gerakan ini adalah perusahaan modal ventura East Ventures, gerakan relawan Warga Bantu Warga, dan juga Indonesia Pasti Bisa. Gerakan ini menargetkan mengumpulkan bantuan hingga US$ 10 juta untuk penyediaan konsentrator oksigen di rumah sakit yang menangani Covid-19.

Gerakan “Oxygen For Indonesia” memiliki target untuk menyediakan 10 ribu konsentrator oksigen yang akan didistribusikan ke kurang lebih 1.500 rumah sakit. Perkiraannya gerakan ini dapat membantu 30 ribu pasien Covid-19 di Indonesia dalam jangka pendek, dan tujuh juta pasien dalam jangka panjang.

“Di masa krisis, setiap upaya kecil penting. Kami memulai ‘Indonesia PASTI BISA yang dapat mengumpulkan US$ 1 juta untuk menyediakan minimal 1.000 konsentrator oksigen ke Indonesia," kata Wilson Cuaca, Founding Partner East Ventures, salah satu penggagas gerakan Indonesia PASTI Bisa yang kini tergabung dalam gerakan Oxygen For Indonesia, dikutip dari siaran pers, Jumat (23/7).

Wilson mengatakan sejak satu minggu dari gerakan ini dimulai, mereka telah mengirimkan 200 konsentrator oksigen pertama."Pengiriman ke 33 rumah sakit di 10 provinsi secara transparan, 800 okonsentrator oksigen berikutnya akan didatangkan dalam waktu dekat,” ujar Wilson.

Perusahaan modal ventura lainnya yang tergabung dalam gerakan ini selain East Venture yakni Sequoia India, Intudo, Goventures, Golden Gate Ventures, AC Ventures, Jungle Ventures, Asia Partners, Monk’s Hill Ventures, Open Space Ventures.

Perusahaan startup yang sudah bergabung di antaranya: Kitabisa, Pluang, Mapan, BukuWarung, Halodoc, TokoCrypto, Payfazz, Advotics, eFishery, Waresix, KAYA.ID, Bibit, Flip, dan Bonza.



Dia mengatakan dengan bergabungnya gerakan-gerakan kepedulian yang sudah ada untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia diharapkan semakin banyak berita baik seperti berita kesembuhan bisa kembali didengar warga Tanah Air.

Koalisi ini bersifat terbuka bagi siapapun yang ingin menggalang dana untuk menghadirkan oksigen di Indonesia. Kami bersyukur atas semangat kolektif yang ditunjukkan semua orang dalam gerakan. Kami mengundang semua orang untuk bergabung. Bangsa Indonesia harus bersatu,” kata Aldi Haryopratomo yang merupakan relawan Warga Bantu Warga sekaligus terlibat dalam Oxygen For Indonesia.

 Penyumbang bahan: Akbar Malik Adi Nugraha

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait