Pengusaha SPBU Pertamina Sepakat Gratiskan Fasilitas Toilet

Selama ini SPBU Pertamina ada yang menarik dana dan juga menggratiskan penggunaan toilet.
Image title
25 November 2021, 14:28
Pertamina, SPBU
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Kendaraan mengisi bahan bakar di salah satu SPBU kawasan Cikini, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Pengusaha swasta yang mengelola Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) milik Pertamina bakal menggratiskan fasilitas layanan toilet pada konsumen. Langkah ini setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengkritik tarif layanan toilet pada SPBU Pertamina.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), Rachmad Muhamadiyah, memahami toilet di SPBU merupakan bagian dari pelayanan kepada konsumen. Sehingga pelaku usaha SPBU akan turut menjaga kebersihan toilet untuk memberikan kenyamanan pada konsumen.

"Saat ini kami berkoordinasi dengan para pengusaha SPBU dan juga dengan Pertamina agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (25/11).

Rachmad menyebut toilet di SPBU ada yang berbayar dan gratis. Biasanya dana yang ditarik digunakan untuk petugas kebersihan yang menjaga fasilitas toilet tersebut. Kehadiran petugas kebersihan sekaligus menjaga properti toilet di SPBU yang kerap mengalami pencurian.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan Direksi PT Pertamina untuk menggratiskan toilet di SPBU berlabel Pertamina.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis," kata Erick melalui unggahan video di Instagram @erickthohir pada Senin (22/11) malam.

Erick mengatakan pendapatan dari pemilik SPBU sudah berasal dari penjualan bahan bakar, bahkan terdapat aneka toko kelontong juga di sana. Sehingga, mestinya masyarakat mendapatkan fasilitas tambahan berupa layanan toilet gratis.

Erick pun memerintahkan direksi Pertamina agar menggratiskan fasilitas toilet dalam semua kerja sama SPBU dengan pihak swasta. "Saya minta seluruh kerja sama dengan Pom bensin swasta yang di bawah pertamina, toiletnya tidak boleh bayar, harus gratis," katanya.

 

Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait