Amerika Tak Akan Hadiri Pertemuan G20 di Indonesia Bila Ada Putin

Yuliawati
Oleh Yuliawati
7 April 2022, 09:32
Amerika, G20, Putin
Antara
Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen

Amerika Serikat menyatakan menolak tegas rencana kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia. Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan tidak akan berpartisipasi dalam pertemuan G20 bila diikuti Rusia.

Berbicara di House Financial Services Committee, Yellen mengatakan dia telah menjelaskan posisi itu kepada menteri keuangan lainnya dalam grup.

Advertisement

"Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa tidak bisa Rusia terlibat dalam bisnis seperti biasanya di lembaga keuangan mana pun," kata Yellen, dikutip dari CNN, Kamis (7/4).

Amerika telah meminta agar Indonesia mengeluarkan Rusia dari forum G20. "Dia meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20 dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana."

Sejumlah pertemuan menteri keuangan G20 dijadwalkan pada akhir bulan ini. Akan ada beberapa pertemuan tingkat menteri sebelum KTT para pemimpin G20 pada November di Indonesia.

Pejabat lain mengatakan Gedung Putih mempersiapkan kemungkinan Presiden AS Joe Biden tidak menghadiri KTT G20 tahun ini jika Rusia berpartisipasi.

Biden mengatakan selama konferensi pers di Brussels bulan lalu bahwa Rusia harus dikeluarkan dari G20, tetapi perlu ada kesepakatan di antara anggota lain untuk meresmikan langkah tersebut.

Penolakan atas rencana kedatangan Vladimir Putin ke KTT G20 juga dikecam banyak pemimpin dan tokoh politik. Politisi Hillary Clinton menyerukan agar memboikot pertemuan G20 bila Putin hadir.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan keberatannya saat bertemu dengan Presiden Jokowi selaku tuan rumah pertemuan pemimpin 20 negara ekonomi terbesar dunia tersebut. Dia mengatakan dirinya tak ingin melihat Presiden Rusia itu hadir di Bali pada November mendatang.

“Sangat sulit bagi kami dan akan tidak produktif bagi G20,” kata Trudeau dikutip dari AFP, Jumat (1/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement