Harga BBM Bakal Naik, Pemerintah Guyur Operasi Telur Murah di Jakarta

Andi M. Arief
2 September 2022, 18:18
BBM, telur
ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww.
Pedagang telur ayam ras menunggu pembeli di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (30/8/2022).

Menjelang rencana kenaikan harga BBM, Badan Pangan Nasional atau Bapanas menggelar operasi pasar untuk mengintervensi harga telur di kawasan DKI Jakarta. Operasi pasar untuk menekan harga telur yang menyentuh rekor tertinggi.

Bapanas menggelar operasi pasar di lima titik yakni Pasar Minggu, Pasar Cijantung, Pasar Inpres Bata Putih Kebayoran Lama, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Sayur Cipulir. Di tiap pasar, sebanyak 25 ton telur diturunkan dengan harga jual di konsumen senilai Rp 27.000 per kilogram (Kg).

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan memilih Jakarta karena kawasan ini berkontribusi kepada inflasi nasional mencapai 27%. Arief menciptakan rantai pasok tertutup antara daerah produksi telur dan perusahaan daerah milik Jakarta untuk menekan harga telur di tingkat konsumen.

"Kami memulai operasi pasar untuk mengintervensi harga telur ayam sejak kemarin. Sebanyak 10 truk setiap hari atau kurang lebih 5% dari kebutuhan DKI Jakarta dikirimkan pada operasi pasar ini," kata Arief di Pasar Minggu, Jumat (2/9).

Telur ayam ras yang dipasok melalui operasi pasar tersebut berasal dari Jawa Tengah, tepatnya dari Koperasi Unggas Sejahtera Kendal dan Koperasi Putera Blitar. Telur tersebut akan disalurkan ke pasar-pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya.

Arief mengatakan Bapanas akan mensubsidi biaya logistik pada operasi pasar kali ini. Dengan demikian, pedagang pasar di Ibu Kota dapat menyerap telur ayam seharga Rp 25.000 per Kg dan menjualnya ke konsumen senilai Rp 27.000 per Kg.

Berdasarkan data Bapanas, harga telur ayam ras di DKI Jakarta pada hari ini adalah Rp 30.590 per Kg, sedangkan rata-rata nasional harga telur ayam ras nasional mencapai Rp 29.900 per Kg. Sehingga, harga telur ayam dari operasi pasar lebih murah hingga Rp 3.590 per Kg dari rata-rata harga telur di Ibu Kota.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...