PKB Gadang Cak Imin Presiden 2024, Wakilnya Bisa Prabowo atau Anies

Ade Rosman
21 Februari 2023, 13:44
PKB, Cak Imin
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengajukan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon presiden 2024 mendatang. Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid mengatakan keputusan itu berdasarkan hasil muktamar partai.

Dia mengatakan PKB tak mempermasalahkan siapa yang akan mendampingi Cak Imin sebagai cawapres. Mereka berharap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto atau mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa mendampingi Muhaimin. 

"Mudah-mudahan Gus Muhaimin Presiden, nanti wakilnya mau siapa, Pak Prabowo juga boleh, Pak Anies juga boleh, terserah," kata Jazilul dalam sambutannya di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (21/2).

Jazilul mengatakan meskipun PKB telah menjalin koalisi dengan Gerindra, kini belum disepakati siapa yang akan diusung sebagai capres-cawapres koalisi tersebut.

PKB berharap pasangan bakal calon yang akan disung koalisi partainya dengan Gerindra akan diumumkan sebelum bulan Ramadan.

Selain berkolaborasi dengan Gerindra, PKB juga mendekati Partai Golkar.  Muhaimin bertemu Ketua Umum Golkar bukan untuk membentuk koalisi baru. Ia hanya ingin mengutarakan agar Golkar bersedia bergabung ke dalam koalisi PKB-Gerindra. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...