Startup E-commerce Berlangganan Disuntik Rp 76 M oleh East Venture dll

Di tengah kabar PHK dan startup kesulitan mendapat pendanaan, e-commerce Cosmart dilirik beberapa pemodal ventura.
Lenny Septiani
3 Oktober 2022, 13:00
e-commerce
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi e-commerce

Startup Cosmart, e-commerce kebutuhan bulanan yang berbasis keanggotaan (membership) di Indonesia, meraih pendanaan awal sebesar US$ 5 juta atau Rp 76,4 miliar. Pendanaan tersebut didanai oleh Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures SEA & India.

Putaran pendanaan yang oversubscribed ini juga melibatkan partisipasi investor kawakan yakni Henry Hendrawan dan Albert Lucius.

Co-Founder Cosmart Alvin Kumarga menyampaikan bahwa pendanaan dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data. Selain itu juga untuk membangun kerja sama strategis dengan produsen dan para pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan.

Partner di Lightspeed Pachara (Pinn) Lawjindakul menyampaikan rasa senang dengan pendekatan inovatif Cosmart terhadap lanskap belanja online yang padat pemain. “Karena konsumen selalu mencari penawaran terbaik dan harga terendah untuk kebutuhan rutin rumah tangga bulanan,” kata Lawjindakul dalam siaran pers dikutip Senin (3/10). 

Advertisement

Sedangkan, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca mengatakan bahwa mengelola barang-barang kebutuhan bulanan bisa sangat melelahkan. “Cosmart hadir sebagai solusi yang tepat untuk membantu para pengguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang,” kata Willson.

Cosmart adalah startup untuk membeli kebutuhan bulanan dengan sistem berlangganan berdasarkan keanggotaan. Dengan menjadi anggota, pengguna bisa mendapatkan akses ke produk berkualitas dengan harga lebih murah, membeli produk yang tidak bisa ditemukan di platform e-commerce lain, dan mendapatkan produk contoh (sample) dari merek baru.

Berdasarkan keterangan resmi, disebut bahwa Cosmart hadir dengan transparansi harga, kualitas tinggi, dan manfaat keanggotaan lainnya. Sehingga menghadirkan pengalaman belanja yang cerdas dan dijamin menguntungkan anggotanya.

Sejak awal berdiri pada kuartal II 2022, startup ini telah menjual lebih dari 100.000 produk dan meraih pertumbuhan bisnis 6 kali lipat dalam tiga bulan terakhir. Volume belanja bulanan pengguna tercatat 4 kali lebih tinggi dibandingkan aktivitas belanja di platform lain.

Didirikan Alvin Kumarga dan Robert Tan yang berpengalaman di bidang teknologi dan berpengalaman dalam mendirikan dan mengembangkan perusahaan. Cosmart telah bermitra dengan 80+ produsen, 500+ merek, dan memiliki ribuan jenis produk (SKU) pada 10 kategori produk.

 

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait