Transfer Dana Desa, 40 Persen Kabupaten Belum Siap

Image title
Oleh
1 April 2015, 07:53
Desa
Donang Wahyu|KATADATA

KATADATA ? Seluruh desa yang berada di 167 kabupaten terancam tidak menerima dana desa pada tahun ini, karena dinilai belum siap mendapat anggaran tersebut. 

Dari data rincian penetapan alokasi dana desa tahun anggaran 2015, jumlah kabupaten yang terdata sebanyak 419 di seluruh Indonesia. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDTT) mencatat sekitar 167 kabupaten atau 40 persen dari total 419 kabupaten belum melaporkan rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) di tiap desanya.

Menteri Desa PDTT Marwan Jafar mengatakan dana desa tersebut untuk mewujudkan desa mandiri. Dengan demikian, katanya, pemerintah akan menunda pemberian dana desa terseut hingga pelaporan data lengkap dan dinyatakan siap.

"Kalau April nanti desa tidak siap, tidak ajukan RPJMDes, akan ditunda penerimaan dana desanya," ujarnya usai Rakornas Kementerian Desa PDTT, seperti yang dikutip Bisnis Indonesia, Rabu (1/4).

Dalam APBN Perubahan 2015, dana desa dialokasikan Rp 20,776 triliun. Dia menambahkan penyaluran dana sekitar Rp 1,4 miliar per desa dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, dana desa akan disalurkan pada bulan ini.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...