Tingkatkan Ketahanan Energi, Pertamina Gandeng Adaro

Safrezi Fitra
13 Mei 2015, 11:22
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) dan PT Adaro Energy Tbk., melakukan kerjasama strategis dalam mengoptimalisasikan infrastruktur bahan bakar minyak (BBM). Pertamina akan menggunakan aset penyimpanan (tangki timbun) milik Adaro, untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Saat ini Adaro memiliki fasilitas penyimpanan (storage) berkapasitas 72.000 kiloliter (KL) per hari. Penggunaan aset milik Adaro sangat penting untuk meningkatkan cadangan operasional minyak dari 18 hari menjadi 30 hari.

"Ini juga jadi satu langkah diharapkan menteri. Meningkatkan cadangan dari 18 hari menjadi 30 harian," kata dia usai penandatangan perjanjian kerjasama tersebut di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (13/5).

(Baca: Cadangan Minyak Nasional Berkurang, Hanya Cukup untuk 17 Hari)

Dalam perjanjian kerjasama ini, Pertamina juga akan memasok solar untuk Adaro sebanyak 550.000 KL per tahun. Ada pun kebutuhan solar Adaro mencapai 800.000 KL per tahun.

Nilai kerjasama ini mencapai Rp 7 triliun per tahun, dengan jangka waktu selama 10 tahun. Sementara perjanjian kerjasama ini akan mulai berjalan efektif dalam dua bulan ke depan.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...