Sisa Dua Bulan, Realisasi Penerimaan Pajak Baru 64 Persen

Ameidyo Daud Nasution
7 November 2016, 19:12
Uang rupiah
Arief Kamaludin | Katadata

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mencatat realisasi penerimaan pajak hingga bulan lalu sebesar Rp 870,9 triliun. Angka ini masih rendah, hanya 64,2 persen dari target yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendatapan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun ini sebesar Rp 1.355,2 triliun.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal mengatakan meski masih jauh dari target, realisasi penerimaan hingga Oktober tahun ini masih lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sepanjang Januari hingga Oktober 2015, realisasi penerimaan pajak baru mencapai 59,3 persen.

Penerimaan pajak hingga Oktober tahun ini tercatat mengalami peningkatan sebesar 13,3 persen dibandingkan 10 bulan pertama tahun lalu. Namun, peningkatan ini tidak disebabkan oleh tingginya jumlah setoran pajak biasanya. Tingginya penerimaan pajak tahun ini juga disumbang oleh penerimaan dari program pengampunan pajak (tax amnesty).  

(Baca: Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Cuma Tertolong Tax Amnesty)

Rendahnya realisasi penerimaan pajak tahun lalu dan tahun ini disebabkan oleh faktor yang sama. Tren impor yang masih menurun dan rendahnya harga komoditas membuat penerimaan PPN menjadi rendah. "PPN dalam negeri masih positif, tapi untuk impor masih terbanting," katanya di sela-sela pembekalan peagawai Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (7/11).

Dengan kondisi ini, Ditjen Pajak berharap pemerintah semua kementerian dan lembaga bisa menggenjot serapan anggarannya saat ini. Pasalnya belanja pemerintah akan berdampak pada peningkatan impor, sehingga penerimaan PPN bisa meningkat. Peningkatan PPN cukup penting untuk memacu penerimaan pajak.

(Baca: Kejar Target Pajak, Pemerintah Cari Data ke Asosiasi dan Ormas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...