Luhut Akui Pekerja Cina Bertebaran di Morowali

Anggita Rezki Amelia
14 Februari 2017, 20:38
Luhut
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengakui adanya warga negara asal Cina yang bekerja di Morowali, Sulawesi Tengah. Mereka bekerja membangun konstruksi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter).

Menurut Luhut, temuan mengenai tenaga kerja asal Cina ini setelah berkunjung ke daerah Morowali, Sulawesi Tengah. "Saya menginap di situ, memang ada (pekerja Cina),” kata dia di Jakarta, Selasa (14/2). (Baca: Sidak Pabrik Baja di Bogor, Menaker Temukan 18 Pekerja Ilegal Cina)

Para pekerja Cina ini memang menjadi perhatian masyarakat sekitar. Namun, menurut Luhut, penggunaan tenaga kerja asal Cina itu bertujuan agar proses pembangunan smelter bisa berjalan lebih cepat. Apalagi, investasi smelter ini juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Ia menjelaskan, investasi Cina untuk membangun smelter di kawasan itu mencapai US$ 6 miliar. Hasilnya, pemerintah menargetkan sumbangan pajak hingga Rp 1,7 triliun tahun ini. Jadi, perlu dukungan agar  industri smelter tersebut bisa berlangsung baik.

Di sisi lain, Luhut mengatakan keberadaan pekerja asal Cina ini tidak akan  mematikan potensi masyarakat setempat. Alasannya, mereka juga melakukan transfer pengetahuan dan mendidik anak-anak di kawasan Morowali. (Baca: Penyebab Ramai Pekerja Cina, BKPM: Buku Manual Mesin Berbahasa Asing)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...