Pesaing Singapura, Pelabuhan Kapal Pesiar di Bali Mulai Dibangun

Dimas Jarot Bayu
14 September 2017, 11:21
Kapal Pesiar
ANTARA FOTO | Didik Suhartono
Kapal Pesiar.

Pemerintah mulai membangun pelabuhan khusus kapal pesiar (cruise) di Tanjung Benoa, Bali. Pelabuhan itu diklaim akan menjadi dermaga kapal pesiar terbaik di Asia Tenggara yang mengalahkan pelabuhan di Singapura.

"Mulai Senin tanggal 18 (September) kami akan memasang tiang pancang (groundbreaking)," kata Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Rabu (13/9).  (Baca: Pemerintah Siapkan Wisata Kapal Pesiar Bali-Labuan Bajo)

Luhut menuturkan, wisatawan yang menggunakan kapal pesiar hanya mampu bersandar hingga di Singapura. "Ini akan menjadi cruise terminal terbaik se-Asia Tenggara," kata Luhut.  (Baca: Pelni Ingin Tambah Mitra Konsorsium untuk Beli Kapal Pesiar)

Rencananya, pembangunan proyek ini dapat selesai pada akhir 2018. Saat itu, diharapkan kapal-kapal pesiar sudah bisa bersandar di Pelabuhan Benoa. Sehingga dapat dimanfaatkan saat penghelatan pertemuan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) Annual Meeting 2018, yang akan diselenggarakan di Bali.

(Baca: Pertemuan IMF-World Bank, Pemerintah Sulap Hotel Jadi Kantor)

Luhut mengatakan proyek ini dibangun setelah 17 tahun mangkrak karena sempat terjadi tarik-menarik kepentingan dan terkait tata ruang. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...