Kementerian ESDM Tunggu Surat Resmi Pertamina Soal East Kalimantan

Anggita Rezki Amelia
19 September 2017, 16:58
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum memutuskan nasib Blok East Kalimantan. Alasannya masih menunggu surat dari PT Pertamina (Persero).

Menurut Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial, Pertamina hingga kini belum mengirimkan surat kepada pemerintah mengenai keputusan Blok East Kalimantan. "Jadi kami menunggu dulu," kata dia di Jakarta, Selasa (19/9).

Ego mengatakan pemerintah akan memutuskan nasib Blok East Kalimantan setelah menerima surat resmi dari Pertamina. Apalagi pemerintah sudah menugaskan perusahaan pelat merah itu mengelola blok tersebut setelah kontrak berakhir di 2018.

Meski begitu, pemerintah tidak akan membiarkan produksi di blok tersebut menurun. "Apapun keputusannya, pemerintah tidak ingin adanya terjadi penurunan produksi. Kami akan lakukan yang terbaiklah buat ini," kata dia. (Baca: Pertamina Batal Kelola Blok East Kalimantan)

Blok East Kalimantan termasuk 10 penyumbang produksi minyak bumi. Selama semester I tahun 2017, blok yang dioperatori oleh Chevon ini memproduksi minyak blok tersebut mencapai 18,2 ribu barel per hari (bph). Sedangkan target dalam rencana kerja dan anggaran adalah 18,5 ribu bph.  

Di sisi lain, mengenai nasib pekerja Chevron yang masih bekerja di blok tersebut masih akan dibahas pemerintah. "Masih ada waktu satu tahun, semua di-secure-lah," kata Ego.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan tidak mengambil alih pengelolaan Blok East Kalimantan setelah kontraknya berakhir di 2018. Padahal blok yang berada di Kalimantan Timur itu merupakan satu dari delapan blok yang ditugaskan pemerintah ke perusahaan pelat merah tersebut. 

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan keputusan tidak mengambil alih Blok East Kalimantan merupakan pertimbangan internal perusahaan. “Kami akan fokus di tujuh blok terminasi yang lain," kata dia kepada Katadata, Senin (18/9).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...