Kubu Jokowi: Kepala Daerah Hadiri Debat Capres Kedua Sebagai Tokoh

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2019, 19:43
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dalam debat Capres kedua.

Tim Kampanye Nasional mengundang beberapa kepala daerah untuk menghadiri Debat Capres 2019 tahap kedua. Direktur Program TKN Aria Bima mengatakan kehadiran kepala daerah tersebut sebagai tokoh masyarakat, takl terkait dengan jabatannya sebagai kepala daerah.

Aria menjelaskan kepala daerah terikat aturan dalam memberikan dukungannya. Salah satu kepala daerah yang mendukung Jokowi yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga merupakan politisi kawakan PDI Perjuangan.

"Gubernur yang sekarang mendukung (Jokowi), tapi (statusnya) bukan gubernurnya, lebih kepada tokoh masyarakatnya," kata Aria di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Namun Aria enggan memberitahu siapa saja gubernur yang akan merapat ke arena debat selain Ganjar. "Nanti mereka (duduk) di blok kami (TKN)," kata Aria.

Kedatangan kepala daerah ini disampaikan pertama kali oleh Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto. Hasto mengatakan kepala daerah akan memberi pernyataan mengenai kebijakan Jokowi di tema yang menjadi perdebatan. Meski demikian, Hasto belum merinci siapa saja kepala daerah yang siap hadir.

"Karena kepala daerah merasakan betul aspirasinya dilanjutkan dan diimplementasikan dengan baik oleh pemerintahan Pak Jokowi," kata Hasto beberapa hari lalu.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...