Jaringan Komputer Adalah Perangkat Transmisi, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
2 Agustus 2022, 17:59
jaringan komputer adalah
pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah perangkat komputer yang saling terhubung untuk bertukar data dan berbagi sumber. Contohnya saja dua unit komputer yang saling terhubung dan berbagi resource sama.

Antar perangkat komputer ini terhubung untuk media penyimpanan dan pertukaran data. Jaringan komputer ini bisa terhubung dari dua unit atau lebih. Beberapa komputer ini terhubung dengan server jaringan jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network).

Pengertian Jaringan Komputer

Mengutip buku "Pengantar Jaringan Komputer", definisi jaringan komputer adalah himpunan interkoneksi antar dua komputer autonomous atau lebih. Jaringan terhubung menggunakan transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Pengertian komputer autonomous adalah tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh. Contohnya jika satu komputer membuat komputer lain restart, shutdown, dan kontrol lain, maka komputer tersebut bukan autonomous.

Jaringan komputer membuat dua unit komputer saling terhubung untuk bertukar data dan informasi. Data berupa teks, audio, dan video bergerak melalui media kabel atau wireless. Penyimpanan ini memungkinkan antar komputer untuk bertukar file, data, dan mencetak di printer yang sama.

Ada istilah node yang dipakai untuk komputer dan printer yang terhubung dalam jaringan. Kesimpulannya jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung menggunakan media transmisi. Media ini untuk berbagi data, informasi, dan komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Berbagai sumber daya
  • Bertukar data dan informasi melalui file
  • Berbagai koneksi dan tersambung di jaringan internet sama
  • Untuk komunikasi antar komputer
  • Menghemat waktu dan biaya untuk proses pengambilan keputusan
  • Lebih efektif dan efisien

Sistem Koneksi Jaringan Komputer

Ada dua jenis sistem koneksi jaringan komputer atau sistem koneksi antar node, yaitu Peer to Peer dan Client Server. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Peer to Peer

Peer to Peer adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer. Umumnya terdiri dari 2 printer dan 10 komputer. Biasanya Peer to Peer dipakai untuk komputer laboratorium dan riset. Saat ini model Peer to Peer bisa menghubungkan lebih dari 10 sampai 100 komputer.

Metode peer to peer dalam sistem Windows dikenal sebagai Workgroup. Jadi, setiap komputer dalam 1 jaringan dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...