Jaringan Komputer Adalah Perangkat Transmisi, Ini Penjelasannya

Jaringan komputer adalah dua unit komputer atau lebih yang terhubung. Koneksi antar komputer ini untuk berbagai data dan informasi. Berikut penjelasan mengenai manfaat dan sistem koneksi jaringan.
Dwi Latifatul Fajri
2 Agustus 2022, 17:59
jaringan komputer adalah
pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi, jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah perangkat komputer yang saling terhubung untuk bertukar data dan berbagi sumber. Contohnya saja dua unit komputer yang saling terhubung dan berbagi resource sama.

Antar perangkat komputer ini terhubung untuk media penyimpanan dan pertukaran data. Jaringan komputer ini bisa terhubung dari dua unit atau lebih. Beberapa komputer ini terhubung dengan server jaringan jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network).

Pengertian Jaringan Komputer

Mengutip buku "Pengantar Jaringan Komputer", definisi jaringan komputer adalah himpunan interkoneksi antar dua komputer autonomous atau lebih. Jaringan terhubung menggunakan transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Pengertian komputer autonomous adalah tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh. Contohnya jika satu komputer membuat komputer lain restart, shutdown, dan kontrol lain, maka komputer tersebut bukan autonomous.

Advertisement

Jaringan komputer membuat dua unit komputer saling terhubung untuk bertukar data dan informasi. Data berupa teks, audio, dan video bergerak melalui media kabel atau wireless. Penyimpanan ini memungkinkan antar komputer untuk bertukar file, data, dan mencetak di printer yang sama.

Ada istilah node yang dipakai untuk komputer dan printer yang terhubung dalam jaringan. Kesimpulannya jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung menggunakan media transmisi. Media ini untuk berbagi data, informasi, dan komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Berbagai sumber daya
  • Bertukar data dan informasi melalui file
  • Berbagai koneksi dan tersambung di jaringan internet sama
  • Untuk komunikasi antar komputer
  • Menghemat waktu dan biaya untuk proses pengambilan keputusan
  • Lebih efektif dan efisien

Sistem Koneksi Jaringan Komputer

Ada dua jenis sistem koneksi jaringan komputer atau sistem koneksi antar node, yaitu Peer to Peer dan Client Server. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Peer to Peer

Peer to Peer adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer. Umumnya terdiri dari 2 printer dan 10 komputer. Biasanya Peer to Peer dipakai untuk komputer laboratorium dan riset. Saat ini model Peer to Peer bisa menghubungkan lebih dari 10 sampai 100 komputer.

Metode peer to peer dalam sistem Windows dikenal sebagai Workgroup. Jadi, setiap komputer dalam 1 jaringan dikelompokkan dalam satu kelompok kerja.

Jaringan komputer ini memberikan resource untuk komputer lain. Jadi, antar PC berfungsi sebagai client dan server di waktu yang sama. Sehingga setiap komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama untuk bertukar data dan informasi.

2. Client - Server

Sistem jaringan komputer kedua adalah Client dan Server. Pada jaringan lokal, satu komputer berfungsi sebagai server. Kemudian server komputer ini memberi layanan untuk komputer lain. Client adalah komputer lain yang meminta layanan dari server.

Komputer client hanya menggunakan resource yang disediakan oleh server. Ada aplikasi yang dijalankan oleh client dari server. Tetapi aplikasi ini hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server.

Ada 4 jenis layanan yang disediakan komputer client server yaitu:

  • DIP

Singkatan dari Document Information Processing, yaitu memberikan pelayanan penyimpanan, pengambilan data, dan manajemen.

  • Database Server

Database dijalankan pada mesin dan stasiun dapat minta pelayanan

  • Print Server

Memberikan layanan fungsi pencetakan

  • File Server

Layanan fungsi pengelolaan file

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait