Memahami 2 Cara Membaca Jangka Sorong yang Benar dan Tepat

Destiara Anggita Putri
24 Oktober 2022, 13:42
cara membaca jangka sorong
Wikipedia
Ilustrasi, jangka sorong.

Ada banyak sekali jenis alat ukur yang bisa digunakan, di mana setiap alat ukur memiliki fungsinya masing-masing, seperti penggaris untuk mengukur panjang atau timbangan untuk mengukur berat. Namun, bila ingin mengukur kedalaman suatu benda, maka alat ukur yang digunakan, adalah jangka sorong.

Dikutip dari gramedia.com, jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui panjang, diameter luar, dan diameter dalam sebuah bentuk benda tertentu. Alat ciptaan Pierre Vernier ini, juga bisa digunakan untuk  menukur kedalaman lubang atau bangun ruang tertentu, seperti tabung  

Advertisement

Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat ukur ini, simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Jangka Sorong

Pada umumnya, jangka sorong merupakan alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian sangat tinggi. Selain itu, alat ini juga memiliki nilai skala terkecil sebesar 0,01 cm atau 0,1 mm. Oleh karena itu, jangka sorong memiliki banyak fungsi yang bisa Anda simak di bawah ini.

  • Mengukur sebuah benda dari sisi luar dengan cara dijepit.
  • Mengukur kedalaman celah atau lubang suatu benda dengan cara menancapkan atau menusukan bagian alat ukur ke dalamnya.
  • Mengukur ketebalan sebuah bentuk benda.
  • Mengukur diameter dalam bentuk benda dengan menggunakan rahang tetap dan rahang geser atas. 
  • Mengukur kedalaman sebuah bentuk benda  dengan menggunakan tangkai ukur bagian bawah,  Biasanya fungsi  ini diterapkan untuk mengukur kedalaman tabung lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang memiliki ukuran relatif kecil. 

Bagian-Bagian Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki bagian-bagian yang perlu Anda ketahui agar bisa menggunakannya dengan benar. Berikut ini delapan bagian tersebut.

1. Rahang Bawah

Rahang bawah merupakan bagian yang terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Fungsinya sendiri  adalah untuk mengukur diameter luar suatu objek seperti diameter pada cincin atau pipa.

2. Rahang Atas

Sama seperti rahang bawah, rahang atas juga memiliki rahang geser dan rahang tetap. Namun bagian jangka sorong ini memiliki fungsi untuk mengukur diameter bagian dalam suatu benda seperti diameter pada cincin atau pipa.

3. Pengukur Kedalaman

Bagian jangka sorong ini terletak di bagian ujung dan berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu objek. Contohnya untuk mengukur kedalaman bejana sempit.

4. Skala Utama Rahang Bawah 

Bagian ini berfungsi untuk membaca hasil pengukuran, biasanya dalam satuan cm,  Skalanya sendiri terdiri dari angka  0 - 17 cm dengan panjang setiap garis pendek nya 1 mm.

5. Skala Utama Rahang Atas

Sama seperti skala utama rahang bawah, bagian ini juga berfungsi untuk menunjukkan hasil pengukuran.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement