Cara Merawat Landak Mini, Ini 10 Aspek yang Wajib Diketahui

Annisa Fianni Sisma
11 November 2022, 17:47
cara merawat landak mini
PEXEL
Ilustrasi, landak mini.

Landak mini menjadi hewan pilihan untuk dipelihara. Landak mini merupakan hewan yang ramah, cerdas dan mudah akrab dengan pemiliknya. Sebelum memeliharanya, calon pemilik harus mengetahui pula cara merawat landak mini.

Cara memelihara landak mini harus memperhatikan berbagai aspek. Pertama yakni kandang, alas kandang, litter box, tempat makan dan minum, dan lain sebagainya. Pemilik juga wajib menjaga kebersihannya.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini ketentuan yang harus dilakukan sebagai cara merawat landak mini yang baik dan benar.

1. Kandang

Cara merawat landak mini pertama adalah memperhatikan kandang. Kandang landak mini harus berukuran minimal panjang 12 cm dan lebar 60 cm. Semakin besar kandang akan membuatnya semakin lebih nyaman.

Ia memerlukan ruang untuk berlarian dan menjelajah. Oleh karena itu, kandang yang luas dapat menjadi pilihan yang baik. Selain dari aspek ukurannya, cara merawat landak mini kemudian adalah memastikan kandang sesuai dengan habitat landak. Hal ini agar landak lebih mudah beradaptasi.

Sebaiknya, pelihara landak di dalam rumah karena suhunya lebih bisa dikontrol. Hal ini juga berguna untuk mencegah landak diserang oleh binatang lain. Pasalnya, ukurannya sangat kecil dan jika ada ular, maka landak bisa terluka.

2. Alas Kandang Landak Mini

Selain memerlukan kandang, landak juga memerlukan alas kandang. Berikan alas kandang landak mini berupa seprai atau bahan seperti serpihan kayu, kertas, dan lain sebagainya.

Alas kandang ini harus diganti minimal seminggu sekali. Landak butuh tempat yang hangat untuk berlindung. Pastikan juga als kandang bersih agar landak mini terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Litter Box

Cara merawat landak mini selanjutnya adalah memperhatikan tempat pembuangannya atau litter box. Landak mini dapat belajar buang air besar dan buar air kecil di dalam litter boxnya.

Pemilik dapat menggunakan pelet yang lembut dan mudah menyerap agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Ini juga mencegah timbulnya bakteri yang dapat mengganggu kesehatan landak.

4. Tempat Makan dan Minum

Cara merawat landak mini selanjutnya adalah dengan memperhatikan tempat makan dan minumnya. Landak dapat minum dari botol air khusus landak yang ada sedotan di ujungnya. Namun, beberapa landak juga tidak suka minum dengan cara ini. Pemilik pun harus memperhatikannya dengan baik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...