AS Pastikan Komitmen Tiongkok soal Kesepakatan Dagang Tahap I

Agustiyanti
13 Januari 2020, 08:06
kesepakatan dagang tahap I, perang dagang AS-Tiongkok, Amerika Serikat, Tiongkok, damai dagang AS-Tiongkok.
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Milli
Presiden AS Donald Trump dan Wakil Perdana Menteri Liu He dijadwalkan meneken kesepakatan dagang tahap I pada 15 Januari 2020.

Amerika Serikat memastikan komitmen Tiongkok terhadap kesepakatan dagang tahap pertama tak berubah selama proses penerjemahan dokumen yang akan diteken di Washington pada pekan lalu.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada Fox News Channel bahwa kesepakatan dengan Tiongkok yang dicapai pada 13 Desember. Tiongkok sepakat untuk membeli produk pertanian AS senilai US$ 40 miliar hingga US$ 50 miliar setiap tahun dan total US$ 200 miliar barang AS selama dua tahun.

"Kami telah melalui proses penerjemahan yang saya pikir ini benar-benar masalah teknis. Pada hari penandatanganan, kami akan rilis versi bahasa Inggris dan orang-orang dapat melihat, ini adalah perjanjian yang luas," ujar Mnuchin dikutip dari Reuters, Senin (13/1).

Ia juga membantah rumor yang menyebutkan bahwa terjadi perubahan pada kesepakatan dengan Tiongkok. “Tidak ada perubahan dalam terjemahan. Saya tidak tahu dari mana rumor itu dimulai," kata Mnuchin.

(Baca: Tiongkok Pastikan Teken Kesepakatan Dagang Tahap I Pekan Depan)

Pejabat Gedung Putih pada Jumat (11/1) mengatakan bahwa teks kesepakatan dagang akhir dengan Tiongkok belum rampung, meski undangan kepada 200 orang untuk menghandiri penandantanganan kesepakatan dagang yang digelar pada 15 Januari ini telah disebar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...