Korban Jiwa akibat Banjir dan Longsor Bertambah jadi 47 Orang

Agustiyanti
3 Januari 2020, 12:31
BNPB, banjir Jakarta, longsor, jakarta banjir, banjir jabodetabek, korban jiwa longsor
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ratusan rumah warga terendam banjir di Perumahan Pondok Arum, Tangerang, Banten, Kamis (2/1/2019).

Badan Nasional Penganggulangan Bencana atau BNPB mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di wilayah Jakarta, Bogor, Tanggerang, dan Bekasi atau Jabodetabek hingga hari ini bertambah menjadi 47 orang.

Korban meninggal terbanyak berada di wilayah Bogor sebanyak 22 orang. Kemudian 8 orang di Kabupaten Lebak, 4 orang di Bekasi, 3 orang di depok, dan masing-masing satu orang di Tangerang dan Tangerang Selatan.

Adapun di wilayah Jakarta, terdapat 9 orang korban jiwa. Secara perinci, sebanyak 7 orang meninggal dunia di Jakarta Timur dan masing-masing satu orang di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

(Baca: BNPB Sebut Mayoritas Korban Banjir Meninggal Karena Tenggelam)

Sementara itu, penyebab meninggalnya korban paling banyak akibat terseret arus banjir mencapai 17 orang. Kemudian sebanyak 12 orang akibat tertimbun tanah longsor, 5 orang tersengat listrik, 3 orang hipotermia, 9 orang dalam pendataan, dan 1 orang hilang.

BNPB juga mencatat warga yang terdampak bencana banjir dan longsor hingga kemarin malam di wilayah Jabodetabek mencapai 409 ribu jiwa. Dari data warga terdampak bencana tersebut, paling banyak berada di wilayah Bekasi mencapai 366.274 jiwa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...