PKB Tutup Peluang Usung Tokoh Nonpartai di Bursa Capres

Image title
26 Mei 2022, 08:10
PKB, capres, partai kebangkitan bangsa, bursa capres, pemilu 2024
Katadata
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, para peserta pemilihan presiden (Pilpres) sebaiknya terdiri dari jajaran ketua umum partai. Ini untuk menciptakan kontestasi yang lebih fair atau adil.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan tak akan mengusung tokoh di luar partai dalam bursa calon presiden (capres) pada pemilihan umum (Pemilu) mendatang. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid melontarkan keinginannya agar Pemilu 2024 dimeriahkan oleh para punggawa partai politik.

Ia mengatakan, para peserta pemilihan presiden (Pilpres) sebaiknya terdiri dari jajaran ketua umum partai. Ini untuk menciptakan kontestasi yang lebih fair atau adil.

“Kami berharap 2024 ini, partai-partai memberikan bukti kepada masyarakat bahwa selama ini bekerja untuk melahirkan kader. Sebisa mungkin calonnya dari para ketua umum partai,” katanya di Kompleks Parlemen pada Rabu (25/5).

Ia pun memastikan partainya telah menutup peluang bagi tokoh non-partai politik. Dia menilai, pertarungan politik selazimnya diikuti oleh orang yang telah berpengalaman dalam dunia politik. Ia menilai tak adil jika capres berasal dari kalangan nonpartisan.  

“PKB ingin membudayakan itu (ketua umum menjadi capres),” ujar Jazil.

Jazil mencontohkan, ada pengusaha yang tiba-tiba berambisi mencalonkan diri menjadi capres pada Pemilu mendatang. Ia pun menyarankan agar pengusaha tersebut fokus dalam dunia usaha dan tak mencampuri urusan politik.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...