Melonjak 196 Kasus, Pasien Positif Corona RI Capai 1.986 Orang

Kenaikan 196 kasus merupakan yang tertinggi sejak pertama kali virus ini diumumkan pada 2 Maret lalu.
Ameidyo Daud Nasution
3 April 2020, 16:07
virus corona, covid-19, pasien corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Persiapan Rumah Sakit Darurat di Gedung Lippo Plaza Mampang, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Hingga Jumat, jumlah pasien positif virus corona Covid-19 mencapai 1.986.

Jumlah kasus baru virus corona Covid-19 hingga Jumat (3/4) kembali meningkat. Bahkan kenaikan hariannya mencapai 196 kasus atau terbesar sejak pasien pertama diumumkan pada 2 Maret lalu.

Juru bicara penanganan nasional virus corona Achmad Yurianto mengatakan dengan tambahan ini maka total kasus corona RI mencapai 1.986 orang. Sedangkan jumlah pasien yang sembuh bertambah 22 menjadi 134 orang.

Selain itu pasien yang meninggal juga bertambah 11 menjadi 181 orang. “Gambaran ini berarti masih ada proses penularan di luar,” kata Yurianto saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (3/4).

(Baca: Riset KIC: Jabar & Banten Paling Tidak Siap Hadapi Puncak Virus Corona)

Yurianto kembali memperingatkan warga agar tidak pergi ke luar kota demi mencegah penularan. Dia mengatakan dengan berdiam di rumah, secara tak langsung mereka telah melindungi orang berusia lanjut atau memiliki penyakit pendahulu.

“Pertimbangkan baik-baik, tak usah bepergian. Apalagi, dari data semakin hari bertambah banyak,” kata Yurianto.

Selain itu dia juga meminta masyarakat menjaga interaksi sosial serta mencuci tangan dengan sabun seama 20 detik. Sedangkan bagi mereka yang tertular harus menjalani isolasi dengan tertib.

“Mari kita jaga saudara yang sakit agar perawatannya maksimal,” kata Yurianto.

(Baca: Profesor UI: Virus Corona Hilang Saat Kemarau Mitos)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait