Jokowi: Pemerintah Pusat yang Putuskan soal Kebijakan Lockdown

Dimas Jarot Bayu
16 Maret 2020, 16:00
virus corona, lockdown, jokowi
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pd
Presiden Joko Widodo hari Senin (16/3) memerintahkan pemda tak lockdown daerahnya

Presiden Joko Widodo menegaskan tak ada kebijakan untuk isolasi atau lockdown di tingkat nasional maupun daerah. Jokowi menyatakan pemerintah pusat masih belum mau menggunakan kebijakan tersebut dalam menangani penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Sampai saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown,” ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

(Baca: Aturan & Efek Lockdown di Italia, Bagaimana Cegah Corona di Indonesia?)

Menurut Jokowi, kebijakan isolasi wilayah ini juga tak boleh diambil pemerintah daerah. Sebab, kebijakan tersebut hanya boleh diputuskan oleh pemerintah pusat. “Kebijakan lockdown baik di tingkat nasional maupun daerah adalah kebijakan pemerintah pusat,” kata Jokowi.

Adapun, Jokowi menyebut penanganan Covid-19 yang diambil pemerintah adalah mengimbau masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kebijakan tersebut diharapkan bisa mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu, kebijakan tersebut bertujuan menjaga jarak antar orang. “Serta mengurangi kerumunan orang yang membawa risiko lebih besar pada penyebaran Covid-19,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...