Dirjen KKP Aryo Hanggono Wafat usai Dirawat Karena Covid-19

Aryo sebelumnya melakukan kunjungan kerja bersama Menteri KKP Edhy Prabowo.
Image title
Oleh Rizky Alika
28 September 2020, 09:41
virus corona, covid-19, kementerian kkp
Antara
Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Aryo Hanggono meninggal dunia pada Senin (28/9) usai dirawat karena Covid-19.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Jumlah pejabat yang meninggal akibat Covid-19 bertambah lagi pada Senin (28/9). Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Aryo Hanggono meninggal dunia pada Senin (28/9) usai dirawat karena penyakit tersebut.

Aryo meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. “Benar. Beliau wafat di RSPAD hari ini, Senin 28 September pukul 04.50 WIB,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (28/9).

Sebelumnya Aryo bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan beberapa pejabat KKP baru melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah yakni Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Usai melakukan perjalanan, Aryo dan Edhy dinyatakan positif Covid-19.

Adapun Edhy beberapa waktu lalu sempat dirawat di RS Polri Kramat Jati sebelum dipindahkan ke RSPAD. Kondisinya politisi Gerindra tersebut sempat memburuk hingga harus dirawat intensif, namun kini telah membaik.

“Memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan untuk perawatan lebih baik," kata Juru Bicara Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Rabu (16/9). Edhy sendiri saat ini telah pulih dari penyakit pernapasan tersebut.

Selain Aryo, beberapa pejabat yang meninggal usai terinfeksi Covid-19 seperti Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Wali Kota Banjar Baru Nadjmi Adhani, hingga Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

 

 

Sedangkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 berharap ada keterbukaan kasus Covid-19 di tengah pejabat. Ini lantaran masyarakat berhak mengetahui adanya penularan untuk mencegah mereka terinfeksi. “Karena bergantung pada kita semua untuk menjalankan protokol kesehatan,” kata Wiku beberapa waktu lalu.

Ini lantaran belakangan ada orang yang dinyatakan positif usai kontak dekat dengan Edhy. Salah satunya adalah Kapolres Kupang, Nusa Tenggara Timur AKBP Aldinan RJH Manurung yang terinfeksi Covid-19.

"Kapolres tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Memang beliau sempat bertemu dengan Menteri Perikanan," kata Perwira Urusan Hubungan Masyarakat (Paur Humas) Polres Kupang, Aipda Randy Hidayat pekan lalu.

Tak hanya di Maluku,  Bupati Berau, Kalimantan Timur Muharram yang sempat bertemu Edhy juga meninggal dunia pada Selasa (22/9). Muharram berpulang usai dirawat 12 hari karena Covid-19. 

 




 

Reporter: Rizky Alika

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait