Rusia Kembangkan Vaksin Covid-19 dengan Cara Semprot di Hidung

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Juni 2021, 09:23
vaksin, covid-19, rusia, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Shemetov/AWW/dj
Maxim Shemetov Kotak berisi botol dengan vaksi Sputnik V (Gam-COVID-Vac) saat vaksinasi melawan virus corona (COVID-19) di sebuah klinik di kota Domodedovo dekat Moskow, Rusia, Kamis (3/12/2020). Rusia juga mengembangkan vaksin Covid-19 dengan cara semprot di hidung.

Rusia telah melakukan uji coba vaksin Covid-19 yang digunakan dengan cara disemprot ke hidung. Para ahli di negara tersebut mengatakan metode vaksinasi ini cocok untuk anak-anak usia 8-12 tahun.

Vaksin semprot dikembangkan oleh para peneliti vaksin Sputnik V dari Institut Gamaleya. Para ahli menargetkan vaksin ini akan diluncurkan pada September 2021.

Kepala Institut Gamaleya, Alexander Gintsburg, mengatakan jenis vaksin yang digunakan untuk anak-anak ini sama dengan bagi orang dewasa. Bedanya, vaksin itu tidak disuntik melainkan disemprot menggunakan nozel.

Gintsburg mengatakan, peneliti telah menguji vaksin itu pada anak-anak berusia antara 8 dan 12. Mereka mengklaim tidak menemukan efek samping di antara kelompok uji, termasuk efek samping peningkatan suhu tubuh.

"Kami menginokulasi (pasien) kecil kami melalui hidung, kami hanya memberikan vaksin yang sama dengan semprotan hidung," kata Gintsburg dikutip dari Reuters pada Senin (14/6). Namun ia tak menjelaskan lebih detail uji coba yang dilakukan, seperti berapa banyak anak yang terlibat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...