30.168 Pasien Covid Meninggal di Bulan Juli, Tertinggi Saat Pandemi

Ameidyo Daud Nasution
29 Juli 2021, 19:23
covid, corona, satgas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara suasana pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Angka kematian pasien Covid-19 RI sepanjang juli mencapai 30.168 orang.

Kasus kematian pasien Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan tren menurun. Bahkan sepanjang Juli, sudah ada 30.168 pasien corona yang meninggal dunia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan angka ini merupakan yang tertinggi sepanjang pandemi melanda Indonesia. Sebagai perbandingan, kenaikan angka kematian pada bulan lalu sebanyak 7.913 orang.

“Dalam dua minggu terakhir, setiap hari bertambah lebih dari seribu orang,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/7).

Wilayah di Jawa dan Bali masih menyumbang kematian terbanyak bulan ini. Namun Wiku juga menyoroti lonjakan di Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

“Ini alarm karena Sebagian kabupaten dan kotamadya tak menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...