30.168 Pasien Covid Meninggal di Bulan Juli, Tertinggi Saat Pandemi

Satgas juga menyoroti lonjakan kematian pasien Covid-19 di Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.
Ameidyo Daud Nasution
29 Juli 2021, 19:23
covid, corona, satgas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara suasana pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Angka kematian pasien Covid-19 RI sepanjang juli mencapai 30.168 orang.

Kasus kematian pasien Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan tren menurun. Bahkan sepanjang Juli, sudah ada 30.168 pasien corona yang meninggal dunia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan angka ini merupakan yang tertinggi sepanjang pandemi melanda Indonesia. Sebagai perbandingan, kenaikan angka kematian pada bulan lalu sebanyak 7.913 orang.

“Dalam dua minggu terakhir, setiap hari bertambah lebih dari seribu orang,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/7).

 

Advertisement

Wilayah di Jawa dan Bali masih menyumbang kematian terbanyak bulan ini. Namun Wiku juga menyoroti lonjakan di Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

“Ini alarm karena Sebagian kabupaten dan kotamadya tak menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,” katanya.

Untuk mencegah semakin banyaknya pasien meninggal, maka pemerintah telah menambah ribuan tempat isolasi terpusat. Selain itu mereka menambah pasokan 1.000 ton oksigen hibah dari dalam dan luar negeri.

“Termasuk konsentrator, suplai obat, hingga paket obat gratis,” kata Wiku.

Sedangkan dari data Kementerian Kesehatan, jumlah angka kematian pasien Covid-19 bertambah 1.869 orang hari ini. Kematian terbesar disumbang Jawa Tengah dengan 617 orang meninggal dunia.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait